Pengaruh Pelatihan dan Kompensasi terhadap Kepuasan Kerja Karyawan dan Kinerja Karyawan (Studi pada Kantor BPR Nusamba - Wlingi)

Supatmi, MamikEko (2013) Pengaruh Pelatihan dan Kompensasi terhadap Kepuasan Kerja Karyawan dan Kinerja Karyawan (Studi pada Kantor BPR Nusamba - Wlingi). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelatihan adalah serangkaian aktifitas yang dirancang untuk meningkatkan keahlian-keahlian, pengetahuan, pengalaman, ataupun perubahan sikap seorang individu. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh pelatihan dan kompensasi terhadap kepuasan kerja karyawan; (2) untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh pelatihan, kompensasi dan kepuasan kerja karyawan terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini dilakukan di BPR Nusamba Wlingi Blitar dengan sampel berjumlah 87 karyawan. Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis jalur. Tehnik pengambilan sampel secara probability sampling. Kuesioner merupakan instrument utama untuk mengumpulkan data. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa kompensasi merupakan faktor dominan yang berpengaruh pada kepuasan kerja dan kinerja karyawan. Kompensasi terbagi menjadi kompensasi finansial terdiri dari gaji, bayaran prestasi, bayaran insentif, bayaran diluar jam kerja, program perlindungan dan kompensasi non finansial terdiri dari pekerjaan dan lingkungan kerja. Kedua unsur ini akan berpengaruh pada meningkatnya kepuasan dan kinerja karyawan. Data penelitian ini mendapatkan beberapa kesimpulan penting bahwa kompensasi sangat penting bagi karyawan dalam upaya meningkatkan kepuasan dan kinerja karyawan. Penelitian ini juga menyarankan agar kompensasi finansial secara khusus pada bonus dan insentif perlu ditingkatkan agar dapat mendorong meningkatnya kepuasan kerja karyawan dan kinerja karyawan.

English Abstract

Training is a series of activities designed to enhance skills , knowledge , experience, or an individuals attitude changes . This study aimed (1) to identify and explain effect of training and compensation of employees job satisfaction , (2) to identify and explain effect of training , compensation and job satisfaction on employee performance . research was conducted on BPR Nusamba Wlingi with samples totaling 87 employees. statistical method used to test hypo sis was path analysis . In this study it was found that compensation is dominant factor affecting job satisfaction and employee performance . Compensation is divided into financial compensation comprised of salary , performance pay , incentive pay , paid after hours of work, social protection and non-financial compensation consists of work and working environment . Both of se elements will have an effect on increasing employee satisfaction and performance . data of this study to get some important conclusions that employee compensation is critical in effort to improve customer satisfaction and employee performance . study also suggested that financial compensation specifically on bonusdan incentives need to be improved in order to encourage increased employee job satisfaction and employee performance.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.312 4/SUP/p/041309020
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.3 Personnel management (human resource management)
Divisions: S2/S3 > Magister Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 16 Jan 2014 15:06
Last Modified: 16 Jan 2014 15:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159470
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item