Komitmen Organisasional Sebagai Mediasi Pengaruh Pelatihan dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Pada Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan Dan Asset Kabupaten Malang).

Nugraha, RezaSeptian (2015) Komitmen Organisasional Sebagai Mediasi Pengaruh Pelatihan dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Pada Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan Dan Asset Kabupaten Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peran dari Komitmen Organisasional sebagai mediasi pengaruh pelatihan dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai pada DPPKA Kabupaten Malang. Sampel yang digunakan sebanyak 205 responden dengan metode pengambilan sampel menggunakan metode proporsional random sampling. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif yang didukung survey, bersifat eksplanatori, dimana seluruh variabel diukur dengan skala likert. Pengujian hipotesis menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukan bahwa pelatihan dan disiplin kerja dapat meningkatkan kinerja pegawai DPPKA Kabupaten Malang, Pelatihan dan disiplin kerja dapat meningkatkan komitmen organisasional pada DPPKA Kabupaten Malang, dan komitmen organisasional memiliki peran sebagai mediasi pelatihan dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai pada DPPKA Kabupaten Malang. Walaupun dalam hal ini pengaruh mediasi dari komitmen organisasional terbukti mediasi secara parsial. Temuan secara empiris mengindikasikan bahwa untuk meningkatkan komitmen dan kinerja pegawai, maka Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Asset Kabupaten Malang perlu memperhatikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi komitmen organisasional dan kinerja pegawai, seperti pelatihan dan disiplin kerja, karena dengan mengetahui pengaruh hubungan tersebut dapat menjadi suatu acuan untuk merancang strategi guna meningkatkan komitmen dan kinerja pegawai agar lebih baik. Rekomendasi berkaitan dengan hasil penelitian ini dalam peningkatan komitmen organisasional dan kinerja pegawai ini, disarankan pihak yang memiliki wewenang untuk melakukan pengawasan dan perhatian yang lebih, serta melakukan evaluasi kinerja pegawai secara berkala. Selain itu, diharapkan instansi dinas dapat lebih memahami kelebihan dan kekurangan pegawai serta hambatan atau kendala yang dihadapi selama melakukan pekerjaan sehingga pegawai akan lebih efektif dan efisien dalam melaksanakan pekerjaannya. Kata Kunci: Pelatihan, Disiplin Kerja, Komitmen Organisasional, dan Kinerja Pegawai

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.312 4/NUG/k/2015/041507931
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.3 Personnel management (human resource management)
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 Oct 2015 15:05
Last Modified: 29 Oct 2015 15:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159467
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item