Badriyah, Nurul (2010) Pengaruh Karakteristik Individu, Sikap dan Persepsi terhadap Perilaku Kewirausahaan (Studi pada Industri Kecil Kerajinan Tangan dan Handycraft di Kabupaten Lamongan). Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Industri kecil memiliki peran yang sangat besar bagi perekonomian secara keseluruhan, melalui aktivitas wirausahawan besar, menengah maupun kecil mereka adalah individu yang digerakkan oleh ide, tujuan pribadi dan ambisi dengan memadukan unsur-unsur sumber daya, mereka memiliki keahlian yang berbeda dari orang lain baik karakter, sikap maupun persepsi tentang bisnis. Tujuan penelitian ini adalah: 1. menganalisis pengaruh karakteristik individu, sikap dan persepsi secara simultan terhadap perilaku kewirausahaan 2. menganalisis pengaruh karakteristik individu, sikap dan kewirausahaan secara parsial terhadap perilaku kewirausahaan. 3. menganalisis variabel yang dominan mempengaruhi perilaku kewirausahaan. Penelitian ini dilaksanakan pada para pengusaha industri kerajinan tangan & Handycraft Di kabupaten Lamongan. Penelitian ini menggunakan data interval sedangkan p engumpulan data primer dilakukan melalui penyebaran kuisioner pada 67 pengusaha kerajinan tangan & Handycraft yang tersebar di Kabupaten Lamongan. Dalam hal ini terdapat tiga variabel independent yang dianalisis yaitu: Karakteristik individu, sikap dan Persepsi. Sementara variabel dependennya adalah Perilaku Kewirausahaan. Selanjutnya data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil pengujian hipotesis menunjukan nilai F hitung lebih besar dari F tabel (150,930 2,74), sedang hasil pengujian hipotesis kedua untuk variabel karakteristik individu nilai t hitung lebih besar dari t tabel ( 2,664 1,690), variabel sikap t hitung lebih besar dari t tabel (2,699 1,690), dan variabel persepsi t hitung lebih besar dari t tabel (3,9601,690), sedangkan hasil pengujian hipotesis ketiga variabel persepsi merupakan variabel terbesar menunjukan koefesien beta 0,468. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa
English Abstract
small industry plays important role in national economic. This industry is made of large, medium and small entrepreneurship activities. It has been managed by any individuals through ir idea, personal objective, and ambition to produce good combination of resource. y have different skill from o rs in character, attitude and perception on business. objective of research is (1) to analyze effect of individual characteristic, attitude and perception simultaneously on entrepreneurship behavior, (2) to analyze effect of individual characteristic, attitude and entrepreneurship partially on entrepreneurship behavior, and (3) to analyze dominant variable affecting entrepreneurship behavior. This research is conducted on entrepreneurs of handicraft industry at Lamongan Regency. Interval data are used. Primary data collection is conducted through questionnaire distributed to 67 handicraft entrepreneurs throughout Lamongan Regency. Three independent variables are analyzed, i.e. individual characteristic, attitude and perception. dependent variable is entrepreneurship behavior. collected data are analyzed by multiple linear regression analysis. result of first hypo sis examination shows that score of F calculation is higher than F table (150,930 2,74) Meanwhile, result of second hypo sis examination, for individual characteristic variabel, reveats that score of t calculation is higher than t table ( 2,664 1,690). For attitude variable, score of t calculation in higher than t table ( 2,6991,690), and for perception variable, t calculation is also higher than t table (3,9601,690). n , result of third hypo sis examination for perception variable, in which it is biggest variable, shows that beta coefficient is 0,468. Result of research indicates that individual characteristic, attitude and perception positively and simultaneously affect entrepreneurship behavior. In partial manner, dependent variable positively and significantly influences entrepreneurship behavior. Perception is dominant variable affecting entrepreneurship behavior.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/658.303/BAD/p/041003093 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.3 Personnel management (human resource management) |
Divisions: | S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Endro Setyobudi |
Date Deposited: | 23 Feb 2011 10:20 |
Last Modified: | 23 Feb 2011 10:20 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159454 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |