Risnawati (2010) Pengaruh Pembelajaran Organisasi terhadap Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar serta Dampaknya terhadap Kinerja Koperasi (Studi pada Koperasi Primer di Kota Palu, Sulawesi Tengah). Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung pembelajaran organisasi terhadap Orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar dan kinerja. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dasar yang bertujuan menjelaskan hubungan kausalitas antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Pada penelitian ini terdapat satu variabel eksogen yaitu pembelajaran organisasi serta tiga variabel endogen yaitu Orientasi kewirausahaan, orientasi pasar dan kinerja. Penelitian ini dilakukan pada koperasi-koperasi primer dikota Palu, Sulawesi Tengah, dengan sampel penelitian ini adalah koperasi-koperasi primer yang masih aktif sampai dengan tahun 2009 dan aktif melakukan R.A.T secara berturut-turut selama 3 tahun yang berjumlah 70 koperasi. Dengan Respondennya manajer. Tehnik pengambilan sampel dengan menggunakan sampling jenuh (Sensus). Sumber data terdiri dari data primer yaitu hasil jawaban kuesioner dan data sekunder yang diperoleh dari internet dan instansi yang terkait yaitu Dinas Perindagkop Kota Palu. Uji instrument penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas melalui Second Order Confirmatory Factor analysis (CFA). Hasil dari analisis jalur menunjukkan bahwa : (1) Pembelajaran organisasi berpengaruh langsung terhadap kinerja, (2) pembelajaran organisasi berpengaruh langsung terhadap orientasi kewirausahaan, (3) pembelajaran organisasi berpengaruh langsung terhadap orientasi pasar, (4) orientasi pasar berpengaruh langsung terhadap kinerja, (5) orientasi kewirausahaan berpengaruh langsung terhadap kinerja, (6) pembelajaran organisasi berpengaruh tidak langsung terhadap kinerja melalui orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar dan (7) orientasi kewirausahaan berpengaruh tidak langsung terhadap kinerja melalui orientasi pasar.
English Abstract
objective of research is to understand direct and indirect effects of organizational learning on entrepreneurship orientation, market orientation and performance. Fundamental research is used as research type to explain causal relationship between variables through hypo sis test. One exogenous variable, organizational learning, and three endogenous variables, which are entrepreneurship orientation, market orientation and performance, are considered. Research sample is seventy primary cooperatives which are actively operated until 2009 and actively conducting R.A.T for 3 years in sequence. respondent is manager. Sampling technique is Sampling Jenuh (census). Some research instruments are employed such as validity and reliability tests using second order confirmatory factor analysis (CFA). Result of path analysis indicates that (1) organizational learning has direct effect on performance; (2) organizational learning has direct effect on entrepreneurship orientation; (3) organizational learning has direct effect on market orientation; (4) market orientation has direct effect on performance; (5) entrepreneurship orientation has direct effect on performance; (6) organizational learning has indirect effect on performance through entrepreneurship orientation and market orientation; and (7) entrepreneurship orientation has indirect effect on performance through market orientation.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/658.3/RIS/p/041003173 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.3 Personnel management (human resource management) |
Divisions: | S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Endro Setyobudi |
Date Deposited: | 04 Oct 2011 10:34 |
Last Modified: | 04 Oct 2011 10:34 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159444 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |