Pengembangan Sumber Daya Manusia melalui Pendidikan dan Pelatihan (Studi pada Instituto Nasional de Formação de Dosentes e Profissionais da Educação INFORDEPE-Timor Leste)

Moniz, Manuel (2012) Pengembangan Sumber Daya Manusia melalui Pendidikan dan Pelatihan (Studi pada Instituto Nasional de Formação de Dosentes e Profissionais da Educação INFORDEPE-Timor Leste). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Institusi Nasional Pelatihan bagi para Guru dan Profesional Pendidikan merupakan salah satu lembaga pemerintah yang didirikan berdasarkan pada peraturan pemerintah/Decreto Lei No. 4/2011 tertanggal 26 Januari 2011, dan bersama dengan UNTL berada langsung dibahwa tanggungjawab Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Timor Leste. Tugas pokok dan fungsi Institusi Nasional Pelatihan bagi para Guru dan Profesional Pendidikan, adalah untuk meningkatkan kemampuan/kompetensi para guru di Timro Leste yang membutuhkan jasa layanan pendidikan formal ( formação academica ) maupun pelatihan profesional lanjutan ( Formação Profissional e continua ), serta mengkaji/membuat penelitian, pengembangan, monitoring dan evaluasi terhadap seluruh kegiatan yang dilakukan oleh Institusi Nasional Pelatihan bagi Para Guru dan Profesional Pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis hal-hal sebagai berikut; (1) Untuk mengetahui dan mengkaji pengembangan sumber daya manusia melalui pendidikan dan pelatihan di Institusi Nasional Pelatihan bagi para Guru dan Profesional Pendidikan, dan (2) Mengidentifikasi dan mendeskripsikan serta menganalisis faktor-faktor yang mendukung dan menghambat program pengembangan sumber daya manusia melalui pendidikan dan pelatihan, di Institusi Nasional Pelatihan para Guru dan Professional Pendidikan, terutama pada bagian pelatihan profesional dan lanjutan ( formação profissional e continua ) dan pendidikan formal ( formação academica ). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data dari wawancara, observasi, dan studi dokumentasi serta menggunakan analisis data kualitatif model interaktif (Miles dan Hubermans 1992). Hasil temuan dilapangan menunjukkan bahwa pengembangan sumber daya manusia melalui pendidikan dan pelatihan di Institusi Nasional Pelatihan para Guru dan Profesional Pendidikan pada umumnya, sudah berjalan dengan baik, sesuai dengan program yang telah ditentukan, namun belum memberikan hasil yang maksimal sebagaimana yang diharapkan oleh semua pihak. Oleh sebab itu sebagai solusinya, perlu adanya strategi yang dapat ditempuh oleh Institusi dalam pembinaan pengembangan sumber daya manusia dalam manajemen dimulai dari pengkajian kebutuhan ( need assesment ) untuk suatu program, persiapan dan pelaksanaan pendidikan dan pelatihan, evaluasi dan pembinaan untuk meningkatkan efisien dan efektivitas Institusi. Sebab lemahnya kemampuan mutu sumber daya manusia akan berdampak pada proses produksi/peserta didik, daya kreasi, pencitraan dan keberlangsungan Institusi dalam menghadapi era kompetitif dan tantangan pasar global. Saran dari peneliti adalah perlu adanya pengkajian peta kompetensi dari setiap staf pengajar, dan setelah itu mulai menyusun program peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia sesuai dengan kebutuhan peningkatan kapasitas institusi, lengkap dengan perhitungan anggaran yang diperlukan, serta diusahakan untuk meningkatkan kapasitas pengelola diklat, dalam negeri/local melalui program pendidikan formal dan informal, termasuk rekrutmen tenaga pengajar yang potensial dari segi umur, dan tingkat pendidikan minimal magister.

English Abstract

Instituto Nasional de Farmação de Dosentes e Profissionais da Educação is one of government institutions established founded based on local legislation/Decreto Lei No. 4/2011 date January 26th 2011, and with UNTL directly under responsibility of Minustry of Education and Culture of Timor Leste. Main duty and function of Instituto Nasional de Farmação de Dosentes e Profissionais da Educação is to improve teachers ability/competence in Timor Leste that need formal education service (Formacao akademi) or advance professional training (Formacao Profissional e Continua), or examine/conduct research, development, monitoring and evaluation to all activities done by Instituto Nasional de Farmação de Dosentes e Profissionais da Educação. Objective of research is to describe and analyze following: (1) to find put and examine development of human resource through education and training in Instituto Nasional de Farmação de Dosentes e Profissionais da Educação, and (2) to identify, describe and analyze supporting and impeding factors for development program of human resource through education and training, in Instituto Nasional de Farmação de Dosentes e Profissionais da Educação, mainly in part of formal education (farmacao akademi) and professional training and advance (Farmacao professional e continual). Methode of research is qualitative with descriptive approach. Data collection techniques incluide interview, observation, and documentary stady. Data analysis tool is interactive model qualitiative (Miles and Hubermans,1992). Result of research indicates that development of human resource through education and training for teacher in Instituto Nasional de Farmação de Dosentes e Profissionais da Educação at generaly has run well. Hence it has not given maximal result as expected by all respective side. refore it is necessary to have strategic that may chosen by institution as a solution to develop human resource in management started from need assessment for one program, preparation and implementation of education and training, evaluation and development in order to improve efficiency and effectiveness of institution. Low quality of human resource may affect production process/students, creativity, image and survival of institution in coping competitive era and global market challenge. Suggestion from writer is assessment of competence map from every teacher and start to arrange a program to increase human resource competence in line with need to improve institution capacity, complete with budgeting calculation needed, and effort to improve capacity of training management, local through formal and informal education, including recruitment of potential teacher in term of age and education level that is master as minimal.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.3/MON/p/041202001
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.3 Personnel management (human resource management)
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 25 Jun 2012 11:28
Last Modified: 25 Jun 2012 11:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159440
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item