Pengaruh Budaya Organisasi, Kepuasan Kerja dan Efektivitas Organisasi Terhadap Kinerja Organisasi (Studi Pada Direktorat Jenderal Perbendaharaan).

Indrawan (2016) Pengaruh Budaya Organisasi, Kepuasan Kerja dan Efektivitas Organisasi Terhadap Kinerja Organisasi (Studi Pada Direktorat Jenderal Perbendaharaan). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam sebuah organisasi publik, tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) dituntut untuk memiliki kinerja yang tinggi. Penciptaan good governance tersebut membutuhkan keunggulan-keunggulan karakteristik tertentu yang dapat mengimbangi dinamika perubahan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi, kepuasan kerja, dan efektivitas organisasi terhadap peningkatan kinerja organisasi tersebut di Direktorat Jenderal Perbendaharaan. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan kuesioner sebagai alat pengumpulan data utama. Structural Equation Modeling (SEM) dipakai untuk menganalisa model dengan bantuan program aplikasi IBM SPSS Amos 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai budaya masih belum diterapkan secara optimal di dalam organisasi, para pegawai masih cenderung berfokus pada dimensi keterlibatan dan kurang tanggap dalam usaha pencapaian misi organisasi. Selain itu, budaya organisasi tidak terbukti dapat meningkatkan kinerja organisasi, namun terbukti dapat meningkatkan kepuasan kerja dan efektivitas organisasi. Kepuasan kerja terbukti dapat meningkatkan kinerja organisasi, namun efektivitas organisasi tidak terbukti dapat meningkatkan kinerja organisasi. Sementara itu, budaya organisasi terbukti dapat meningkatkan kinerja organisasi melalui peran mediasi kepuasan kerja, namun tidak terbukti dapat meningkatkan kinerja organisasi melalui peran mediasi efektivitas organisasi.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.3/IND/p/2016/041611326
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.3 Personnel management (human resource management)
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 16 Jan 2017 14:11
Last Modified: 16 Jan 2017 14:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159435
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item