Pengaruh Pembelajaran Organisasional, Orientasi Pasar dan Inovasi Organisasi terhadap Keunggulan Bersaing (Studi pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. Cabang Malang Raya)

Hapsari, GustiRuzaydaEka (2014) Pengaruh Pembelajaran Organisasional, Orientasi Pasar dan Inovasi Organisasi terhadap Keunggulan Bersaing (Studi pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. Cabang Malang Raya). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini menganalisis pengaruh pembelajaran organisasional, orientasi pasar dan inovasi organisasi terhadap keunggulan bersaing. Populasi dari penelitian ini adalah pimpinan unit PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Malang Raya dengan sampel sebanyak 64 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran organisasional, orientasi pasar dan inovasi organisasi berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing. Guna memperoleh keunggulan bersaing, maka pimpinan harus dapat meningkatkan kapasitas pembelajarannya, dengan memberikan kesempatan untuk meningkatkan pengetahuan tentang cara-cara kerja yang lebih baik melalui pendidikan dan pelatihan, selain itu mengembangkan diri dalam bidang pengetahuan dan teknologi. Serta membudayakan diskusi yang dilakukan secara berkelompok. dalam menyelesaikan masalah pekerjaan, pimpinan selalu memperhatikan orientasi pasar dengan menitikberatkan pada kualitas pelayanan yang diberikan oleh bank pesaing. Hal ini dilakukan sebagai bahan evaluasi untuk perbaikan, melakukan mengembangkan atau inovasi berkaitan dengan sistem informasi perbankan, selain itu mengembangkan kembali produk/jasa yang sudah ada secara berkesinambungan, seperti Core Banking System (CBS), Electronic Banking , Enterprise Data Model, Business Continuity Plan dan Disaster Recovery Plan, Avaibility Jaringan Komuniksi dan Security System.

English Abstract

purpose of this study to analyze influence of organizational learning, market orientation and organizational innovation to competitive advantage. Population of this research is head unit PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Branch Malang with a sample of 64 respondents. Analysis of data in this study using multiple regression. results show that organizational learning, organizational, innovation and market orientation significantly influence competitive advantage. In order to gain a competitive advantage, n leader must be able to increase capacity of learning, by providing opportunity to enhance ir knowledge about ways to work better through education and training, in addition to develop mselves in field of science and technology. As well as cultivate discussions in groups. in solving problems at work, leadership always pay attention to orientation of market by focusing on quality of services provided by competing banks. This is done as an evaluation for improvement, do develop or innovation related to banking information system, in addition to redevelop products/services that already exist on an ongoing basis, such as Core Banking System (CBS), Electronic Banking, Enterprise Data Model, Business Continuity Plan and Disaster Recovery Plan, and communicates avaibility Network Security System.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.3/HAP/p/041403595
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.3 Personnel management (human resource management)
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 12 Aug 2014 11:32
Last Modified: 12 Aug 2014 11:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159434
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item