Pengendalian Internal Asset Tetap (Studi Pemerintah Kota Kediri)

Wicaksana, EkaSetya (2015) Pengendalian Internal Asset Tetap (Studi Pemerintah Kota Kediri). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan langkah perbaikan yang dilakukan oleh BPKAD (Badan Pengelola Keuangan dan Asset Daerah) Kota Kediri terkait dengan upaya peningkatan kualitas pelaporan nilai asset tetap di sisi neraca yang selama ini masih terkendala dengan adanya permasalahan selisih nilai asset tetap antara bidang asset dengan seksi akuntansi. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif dengan analisis mendalam dengan model studi kasus. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi maupun penelusuran dokumen dengan menggunakan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) maupun Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 17 Tahun 2007 dan Peraturan Daerah (Perda) No. 17 Tahun 2007 tentang pengelolaan asset daerah dan Peraturan Pemerintah (PP) No. 60 Tahun 2008 tentang pengendalian internal pemerintah. Partisipan adalah pejabat dan staf yang memiliki pengalaman bekerja di bidang asset, akuntansi maupun pengawas diatas 3 (tiga) tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih adanya prosedur dengan pengawasan yang lemah. Kelemahan tersebut mengakibatkan belum dapat terpenuhinya tujuan pengendalian internal yang optimal, sehingga diperlukan kebijakan kepala daerah yang bersifat “memaksa” dan didukung oleh semua jajaran di lingkungan pemerintah Kota Kediri dalam melakukan komitmen peningkatan kualitas laporan asset tetap di sisi neraca laporan keuangan daerah.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/657.73/WIC/p/2015/041700126
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting > 657.7 Accounting for specific phases of business activity
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 13 Jun 2017 08:17
Last Modified: 13 Jun 2017 08:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159242
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item