Pengaruh Penambahan Probiotik Cair (Lactobacillus Sp.) Terhadap Produktifitas, Keseimbangan Mikroflora, Aktifitas Enzim, Jumlah Dan Luas Permukaan Villi Usus Ayam Pedaging

Izzuddiyn, Muhammad (2016) Pengaruh Penambahan Probiotik Cair (Lactobacillus Sp.) Terhadap Produktifitas, Keseimbangan Mikroflora, Aktifitas Enzim, Jumlah Dan Luas Permukaan Villi Usus Ayam Pedaging. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 1 Desember 2014 sampai 20 Januari 2015 di Dusun Rejoso Kecamatan Junrejo Kota Batu. Analisis kandungan zat makanan bahan pakan dilakukan di Laboratorium Nutrisi dan Makanan Ternak Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya. Analisis mikroflora dilakukan di Laboratorium Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB). Histologi usus untuk menghitung jumlah dan luas permukaan usus dilakukan di Laboratorium Anatomi Fisiologi FKUB. Tujuan penelitian adalah mengevaluasi penggunaan probiotik cair (Lactobacillus sp.) dalam pakan ayam pedaging terhadap kondisi mikroflora, aktifitas enzim, jumlah dan luas permukaan villi usus. Materi penelitian ini adalah probiotik cair yang digunakan terdiri dari satu jenis mikroorganisme yaitu Lactobacillus sp, jumlah Bakteri atau TPC mikroorganisme yaitu 1,4x1010 cfu/ml dan dicampurkan pada pakan basal kemudian diaplikasikan pada 144 ekor ayam pedaging strain Lohman diproduksi PT. Japfa Comfeed Indonesia, yang dipelihara sejak Day Old Chicks sampai umur 35. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah percobaan lapang atau eksperimental menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 6 ulangan. Perlakuan dalam penelitian ini adalah pakan basal tanpa penambahan probiotik cair (P0); pakan basal + 0,2 v/w probiotik cair (P1); pakan basal + 0,4 v/w probiotik cair (P2) dan pakan basal + 0,6 v/w probiotik cair (P3). Variabel yang diamati adalah keseimbangan mikroflora usus (jumlah koloni BAL, Eschericia coli, dan Salmonella), aktivitas enzim protease dan lipase, jumlah dan luas permukaan villi usus, konsumsi pakan, berat badan, FCR, dan mortalitas. Data dianalisis menggunakan analisis ragam dengan pola Rancangan Acak Lengkap (RAL) jika terdapat perbedaan antar perlakuan maka dilanjutkan dengan uji Duncan. Lactobacillus sp. sebagai pakan tambahan memberikan perbedaan pengaruh yang nyata (P 0,05) terhadap jumah villi, tidak memberikan pengaruh yang nyata (P0,05) terhadap aktifitas enzim (protease dan lipase) dan mortalitas, memberikan pengaruh yang sangat nyata (P 0,01) terhadap jumah koloni BAL, Salmonella, Eschericia coli, luas permukaan villi, konsumsi pakan, pertambahan berat badan, dan konversi pakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan probiotik cair (Lactobacillus sp.) dalam pakan dapat memberikan keseimbangan mikroflora yaitu meningkatkan jumlah koloni BAL, menurunkan jumlah koloni Salmonella dan Eschericia coli, meningkatkan viii aktifitas enzim protease dan lipase, meningkatkan jumlah dan luas permukaan villi usus, menurunkan konsumsi pakan, meningkatkan pertambahan berat badan, dan menurunkan FCR. Disarankan penambahan probiotik cair (Lactobacillus sp.) dalam pakan pada konsentrasi pemberian 0,6 v/w agar memperoleh performance terbaik.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/636.5/IZZ/p/2016/041601658
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.5 Chickens and other kinds of domestic birds
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Ternak, Fakultas Peternakan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 10 May 2016 09:09
Last Modified: 10 May 2016 09:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159023
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item