Pengembangan Ti4+-Imac (Immobilized Metal Affinity Chromatography) Berbasis Monolith Nanopori Untuk Deteksi Fosfopeptida Secara Selektif

Raeni, SeptiFajar (2016) Pengembangan Ti4+-Imac (Immobilized Metal Affinity Chromatography) Berbasis Monolith Nanopori Untuk Deteksi Fosfopeptida Secara Selektif. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Fosfopeptida terdapat pada sejumlah besar mekanisme biologis. Fosfopeptida memegang peranan penting dalam regulasi gen, transduksi sinyal eukariotik dan kontrol metabolik pada sel. Fosforilasi abnormal dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, diantaranya kanker. Bagaimanapun, keberadaan fosfoprotein amat rendah, berkisar 1-2%. Oleh karena itu, pengembangan metode pemisahan dan deteksi fosfopeptida secara selektif, cepat dan akurat menjadi hal yang sangat penting untuk dapat mengetahui gejala suatu penyakit sejak dini. Pada penelitian ini, monolith nanopori dikembangkan sebagai material immobilized metal affinity chromatography (IMAC) pada high perfomance liquid chromatography (HPLC) untuk pemisahan dan deteksi dari fosfopeptida pada analisis proteomik. Fosfopeptida memiliki gugus fosfat yang bermuatan negatif sehingga dapat terikat pada fasa diam material monolith IMAC terimobilisasi ion Ti4+. Kolom nanopori berbasis monolith dibuat dalam kolom silicosteel (100 x 1,02 mm id) melalui reaksi in-situ kopolimerisasi menggunakan glisidil metakrilat dan etilen dimetakrilat. Ion Ti4+ diamobilkan pada monolith setelah post-modifikasi menggunakan aminomethyl phosphonic acid (AMPA). Karakter fisik dari kolom monolith, seperti morfologi, analisis unsur, analisis luas permukaan, permeabilitas dan distribusi pori dikarakterisasi lebih detail. Hasil yang didapatkan optimasi monolith memiliki stabilitas mekanis yang baik dan permeabilitas yang tinggi, serta memiliki proporsi dominan dari mesopori, dibandingkan makropori dan mikropori sebesar 66,57%; 27,50%; dan 5,93% secara berturut-turut. Monolith nanopori Ti4+-IMAC tersebut lebih lanjut diaplikasikan untuk pemisahan dan deteksi fosfopeptida dari sampel digestion protein (β-casein dan cytochrome-c) dan tyrosine phosphorylated peptide. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa nanopori Ti4+-IMAC berbasis monolith memberikan selektivitas yang lebih tinggi dan efisien untuk deteksi yang selektif pada fosfopeptida menggunakan kromatografi cair.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/543.8/RAE/p/2016/041611379
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 543 Analytical chemistry > 543.8 Chromatography
Divisions: S2/S3 > Magister Kimia, Fakultas MIPA
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 07 Feb 2017 09:54
Last Modified: 17 Jun 2022 07:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157538
[thumbnail of TESIS SEPTI FAJAR RAENI - 146090200111009.pdf] Text
TESIS SEPTI FAJAR RAENI - 146090200111009.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item