Wachid, Abdul (2012) Daya Saing Pasar Tradisional terhadap Minimarket (Studi Kasus di Pasar Besar Kota Batu). Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini dilakukan atas dasar pemikiran makin pesatnya pembangunan pasar modern dirasakan oleh banyak pihak berdampak terhadap keberadaan pasar tradisional. Di satu sisi, pasar modern dikelola secara profesional dengan fasilitas yang serba lengkap; di sisi lain, pasar tradisional masih berkutat dengan permasalahan klasik seputar pengelolaan yang kurang profesional dan ketidaknyamanan berbelanja. Pasar modern dan tradisional bersaing dalam pasar yang sama, yaitu pasar ritel. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran serta menganalisis tentang daya saing pasar tradisional terhadap pasar modern yang meliputi tentang pengaruh kehadiran pasar modern dalam hal ini minimarket terhadap pendapatan para pedagang tradisional, kemudian tentang pengaruh kehadiran minimarket pada keberlangsungan pasar tradisional. Selanjutnya dalam penelitian ini juga akan menggali pendapat para pedagang tentang kehadiran pasar modern, selanjutnya yang terpenting dalam penelitian ini menganalisis daya saing pasar tradisional terhadap minimarket, selain itu juga akan di analisa lebih mendalam tentang pelaksanaan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 112 Tahun 2007. Jenis penelitian ini adalah Kualitatif, pendekatan yang digunakan dalam penlitian ini adalah pendekatan studi kasus, tujuan studi kasus adalah untuk memberikan gambaran secara mendetail tentang latar belakang, sifat-sifat serta karakter-karakter yang khas dari suatu kasus, ataupun status individu, yang kemudian, dari sifat-sifat khas di atas dijadikan suatu hal yang bersifat umum. (Nazir, 1993:66). Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data menggunakan kriteria Kredibilitas dengan cara Peer debfting, memperpanjang masa observasi dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Pendapatan pedagang di pasar tradisional Kota Batu terus menurun drastis seiring dengan semakin banyaknya jumlah minimarket yang berdiri di Kota Batu; 2) Berdasarkan hasil penelitian di Lingkungan pasar Kota Batu, banyak toko, khususnya toko kecil seperti toko kelontong yang terancam tutup dan beberapa di antaranya sudah tutup; 3) Para pedagang di Pasar besar kota Batu menganggap kehadiran minimarket-minimarket di Kota Batu sebagai pesaing yang sulit sekali dihindari; 4) Pasar besar Kota Batu merupakan jenis pasar yang sangat kaya akan fungsi sosial, yang tidak dimiliki oleh pasar modern,kemudian dalam pasar tradisional kota Batu terjadi proses tawar-menawar, selanjutnya bangunan terdiri dari kios-kios atau gerai, los; 5) Pemerintah daerah Kota Batu masih belum bisa melindungi pasar besar kota batu secara maksimal. Rekomendasi yang dapat diajukan untuk memberikan dampak positif pada keberlangsungan pasar tradisional di Kota Batu adalah : 1) P emerintah tersebut harus melakukan revitalisasi pasar diberbagai tempat. Target yang dipasang hendaknya dibuat dengan sangat sederhana dan menyentuh hal yang sangat mendasar agar bisa di teralisasi dengan baik; 2) Guna menggalakkan pasar tradisional dan untuk bersaing dengan pasar modern, pemerintah harus ada action yaitu membuat perencanaan agar pasar tradisional yang dikelola oleh pemerintah kota (Pemkot), dapat bersaing dengan pasar modern; 3) Agar pasar Tradisional tetap bisa bertahan dengan semakin banyaknya pasar-pasar Modern yang ada pada zaman sekarang ini, salah satunya caranya adalah dengan cara lebih memperhatikan keadaan pasar tradisional dari segi lingkungannya, misal sarana pendukung di laur pasar tradisional seperti, transportasi di permudah dengan penambahan angkutan umum yang menuju pasar tradsional Kota Batu; 4) Pendekatan yang terpadu bagi ketiga permasalahan di atas, yakni adanya regulasi untuk melindungi pasar tradisional, dukungan perbaikan infrastruktur, penguatan manajemen dan modal pedagang di pasar tradisional; 5) Membatasi pembuatan pasar modern, letak pasar juga jangan berdekatan, dan sebisa mungkin pasar Tradisional harus dibentuk serapi dan seindah mungkin agar bisa menarik perhatian para pembeli. Sehingga pasar tradisional tetap bisa bertahan di tengah modernisasi yang telah berjalan di Kota Batu.
English Abstract
This research was conducted on the basis of thinking more and more rapid development of modern market was felt by many parties made an impact against the existence of the traditional markets. On the one hand, the modern market is managed professionally with complete facilities; on the other hand, traditional markets are still stuck with the classic problems surrounding the lack of professional management and inconvenience to shop. Modern and traditional markets are competing in the same market, i.e. the retail market. The purpose of this research is to acquire images and analyzing about competitiveness the traditional marketplace to the market modern covering on the influence of the presence of modern market in this minimarket against earnings traders traditional, then on the influence of the presence of minimarket on the continuity of the traditional marketplace. This study will also exhume selleropinion about the presence of modern market, then the most important in this research analyze competitiveness market traditional against minimarket, besides that also will be analysis more profound concerning the implementation of presidential regulation republic of indonesia number 112/2007. A kind of this research is a qualitative, the approach used in penlitian this is the approach case study, the purpose of study case was to give a description in minute detail about the background, and the characters peculiar properties of a case, nor the status of individuals, which later, of the properties characteristic above made a thing that is common. (Nazir, 1993). Gathering data done with an interview, observation and documentation. To test the validity of data using criteria credibility by means of a peer debtiefing, extending the observation and triangulation. The result from This research that : 1) Income trader at a flea market BatuCity continued fell dramatically along with the multitude intercalated minimarket standing in the Batu City; 2) Based on market research results in the neighborhood Batu City, many shops, particulary for small shop ferret like grocer who to close and some of which is closed; 3) Traders in major market BatuCity assume the presence of minimarket minimarket in the city of stone as a competitor who difficult or impossible to avoidable; 4) Major market Batu City is the type market very rich in a social function, not shared by modern market, later in the Batu City occurring process of haggling, next buildings consist of stalls or outlets, los; 5) Regional government of Batu City are still unable to protect traditional market in Batu City maximally. Recommendations that can be put forward to give a better positive impact on the continuity of traditional markets in the city of Stone are: 1) The Government had to do revitalization of the market in many places. The targets set should be created with very simple and touching the very basic to the be done well; 2) In order to promote the traditional markets and to compete with modern markets, the Government should make any action that makes planning so that traditional markets run by the City Government (City Government), can compete with the modern market; 3) In order to keep traditional markets survive with the large number of Modern markets that exist in this day and age, one trick is to pay more attention to the way traditional market circumstances in terms of its environment, a means of supporting the opposing traditional markets such as transportation more easy, with the addition of public transport that led to the tradisional market in Batu City; 4) An integrated approach for the three problems above, Regulation to protect the traditional markets, support infrastructure improvements, strengthening management and merchant capital in traditional markets; 5) Limited the making of the modern market, where the market is also nearby, and not as much as possible the traditional market must be established and as beautiful as possible in order for can entice buyers. So the traditional market remains survive.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/381/WAC/d/041204172 |
Subjects: | 300 Social sciences > 381 Commerce (Trade) |
Divisions: | S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi |
Depositing User: | Endro Setyobudi |
Date Deposited: | 22 Nov 2012 10:07 |
Last Modified: | 22 Nov 2012 10:07 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157332 |
Actions (login required)
View Item |