Pengaruh Variabel-Variabel Bauran Pemasaran Jasa, Gaya Hidup dan Kelompok Referensi terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Klinik Kecantikan di Kota Malang

Rachmawati, Ninda (2011) Pengaruh Variabel-Variabel Bauran Pemasaran Jasa, Gaya Hidup dan Kelompok Referensi terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Klinik Kecantikan di Kota Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Permasalahan yang sering dihadapi produsen atau perusahaan penyedia produk dan jasa adalah ketidakakuratannya dalam memprediksi perilaku konsumen, sehingga penerapan bauran pemasaran terkadang lebih ditonjolkan tanpa mempertimbangkan perilaku konsumen itu sendiri yang tentunya ditentukan berbagai aspek yang di antaranya adalah gaya hidup dan kelompok referensi, termasuk dalam usaha jasa di bidang klinik kecantikan. Penelitian tentang pengaruh bauran pemasaran jasa, gaya hidup dan kelompok referensi terhadap keputusan dalam menggunakan produk dan jasa pada klinik kecantikan di Kota Malang dianggap penting, karena dewasa ini perkembangan pelaku usaha di bidang klinik kecantikan di wilayah Kota Malang semakin marak. Adanya penelitian ini diharapkan dapat menjadi informasi dan rekomendasi terutama pada pelaku usaha di bidang klinik kecantikan agar dapat memotivasi konsumen untuk menggunakan produk dan jasa yang ditawarkan perusahaan. Landasan teori dalam penelitian ini menggunakan pijakan konseptual model yang dikemukakan oleh Yazid (2005) sebagai model yang komprehensif tentang bauran pemasaran dan Lamb dalam Lupiyoadi (2001) terkait faktor sosial yaitu kelompok referensi dan dan faktor individual/pribadi yaitu gaya hidup dalam kaitannya dengan keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan secara simultan dan parsial pengaruh variabel-variabel bauran pemasaran jasa yang terdiri dari : produk, harga, distribusi, promosi, partisipan, bukti fisik dan proses serta gaya hidup dan kelompok referensi terhadap keputusan menggunakan produk dan jasa di klinik kecantikan Kota Malang, dan sekaligus mencari variabel yang berpengaruh dominan di antara kesembilan variabel bebas tersebut. Dengan menggunakan metode pengambilan sampel proporsional random sampling dalam penelitian ini berhasil memperoleh 189 responden dari 360 populasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Variabel produk, harga, distribusi, promosi, partisipan, bukti fisik, gaya hidup serta kelompok referensi secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen menggunakan produk dan jasa di Klinik Kecantikan Kota Malang, dengan variabel yang berpengaruh dominant adalah variabel produk.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/381/RAC/p/041205655
Subjects: 300 Social sciences > 381 Commerce (Trade)
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 15 Jan 2013 10:28
Last Modified: 15 Jan 2013 10:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157331
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item