Determinan Minat Penggunaan E-commerce Pada UKM.

Diputra, Ida Bagus Raminra Padma (2016) Determinan Minat Penggunaan E-commerce Pada UKM. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh keunggulan relatif, kesesuaian, keamanan internet, karakteristik pemilik, persepsi kegunaan terhadap minat penggunaan e-commerce. Responden dalam penelitian ini adalah Pemilik UKM yang belum menggunakan e-commerce. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah metode simple random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebesar 70 responden. Data penelitian diperoleh dari hasil penyebaran kuisioner terhadap responden dan menggunakan Partial Least Square untuk analisis data penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keamanan internet memengaruhi minat penggunaan e-commerce, hal tersebut dikarenakan responden merasa sesuai dengan hukum dan peraturan saat ini, memiliki kepercayaan dalam sistem pembayaran, serta sistem yang aman dalam bertransaksi melalui internet. Sebaliknya, keunggulan relatif tidak memengaruhi minat penggunaan e-commerce, hal ini dikarenakan responden belum merasakan manfaat menggunakan e-commerce dalam meningkatkan produktivitas, profitabilitas, dan citra perusahan serta responden belum yakin dengan menggunakan e-commerce dapat menyelesaikan tugas-tugas tertentu. Kesesuaian tidak memengaruhi minat penggunaan e-commerce, hal ini dikarenakan responden merasa belum sesuai dengan nilai, budaya, kebiasaan, gaya hidup dan minat penggunaan e-commerce ditentukan oleh kesesuaian produk yang ditawarkan. Karakteristik pemilik tidak memengaruhi minat penggunaan e-commerce, hal ini dikarenakan pemilik belum merasa mampu melakukan inovasi, pelatihan dalam penggunaaan sistem teknologi yang baru untuk menjalankan usahanya, serta untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam kinerjanya. Persepsi kegunaan tidak memengaruhi minat penggunaan e-commerce, hal ini dikarenakan responden belum merasakan manfaat penggunaan sistem teknologi baru dalam meningkatkan kinerjanya dan responden belum yakin dengan penggunaan sistem teknologi baru dapat membantu menyelesaikan pekerjaannya.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/381.142/DIP/d/2016/041606083
Subjects: 300 Social sciences > 381 Commerce (Trade) > 381.1 Marketing channels
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Dec 2016 09:35
Last Modified: 26 Jan 2022 06:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157323
[thumbnail of Ida Bagus Raminra Padma Diputra.pdf]
Preview
Text
Ida Bagus Raminra Padma Diputra.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item