Pengaruh Pelatihan, Kemampuan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Kanindo Syari`Ah Jatim)

Alimudin (2012) Pengaruh Pelatihan, Kemampuan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Kanindo Syari`Ah Jatim). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sumber daya manusia merupakan salah satu aspek penting yang sangat berpengaruh dalam pencapaian tujuan perusahaan, sehingga memerlukan pengelolaan dan pengembangan yang baik dalam upaya meningkatkan kinerja mereka. Kualitas sumber daya manusia ditentukan oleh sejauh mana sistem di bidang sumber daya manusia ini sanggup menunjang dan memuaskan keinginan karyawan maupun perusahaan. Pelatihan akan memberikan kesempatan untuk menambah pengetahuan dan keahlian. Sedangkan dengan motivasi akan memberikan kesempatan kepada karyawan untuk menyalurkan ego individu dan memperkuat komitmen karyawan pada perusahaan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh langsung materi pelatihan, metode pelatihan dan waktu pelatihan terhadap kemampuan karyawan; 2) Untuk mengetahui pengaruh langsung materi pelatihan, metode pelatihan, waktu pelatihan, motivasi kerja dan kemampuan karyawan terhadap kinerja karyawan; 3) Untuk mengetahui pengaruh tidak langsung materi pelatihan, metode pelatihan dan waktu pelatihan terhadap kinerja karyawan melalui kemampuan karyawan. Berdasarkan tujuan penelitian yang telah ditetapkan sebelumnya, maka jenis penelitian ini adalah eksplanatoris, yaitu penelitian yang menjelaskan dan menyoroti hubungan antara variabel-variabel penelitian dan menguji hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. Oleh karenanya penelitian ini dinamakan juga penelitian uji hipotesis. Berdasarkan analisis statistik deskriptif, maka deskripsi mengenai Rata-rata Skor Total Variabel-Variabel : Materi Pelatihan sebesar 4,08, Metode Pelatihan sebesar 3,85, Waktu Pelatihan sebesar 3,78, Motivasi Kerja sebesar 3,69, Kemampuan Karyawan sebesar 4,02 dan Kinerja Karyawan sebesar 3,75. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi, Materi Pelatihan (X1), Metode Pelatihan (X2) dan Waktu Pelatihan (X3) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Kemampuan Karyawan (Z) adalah sebesar 0,793 atau 79,3%. Dan pelatihan (X1 X2 X3), motivasi (X4), Kemampuan Karyawan (Z) terhadap Kinerja Karyawan (Y) adalah sebesar 0,935 atau 93,5%. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel bebas yang diteliti. Hasil pengujian hipotesis secara keseluruhan, model pada penelitian ini terbagi atas 8 pengaruh langsung, dan 3 pengaruh tidak langsung, karena pengaruh langsung antara pelatihan (X1 X2 X3) dan Motivasi Kerja (X4) terhadap Kinerja Karyawan (Y) dan pengaruh langsung antara Kemampuan Karyawan (Z) terhadap Kinerja Karyawan (Y) adalah signifikan, maka pengaruh tidak langsung antara pelatihan (X1 X2 X3) terhadap Kinerja Karyawan (Y) melalui Kemampuan Karyawan (Z) juga signifikan.

English Abstract

Human resources one important aspect that is very influential in the achievement of corporate objectives, so it requires good management and development in an effort to improve their performance. The quality of human resources is determined by the extent to which systems in the field of human resources is able to support and satisfy the desires of employees and companies. Training will provide an opportunity to increase knowledge and expertise. Inspite of the fact that the motivation will provide the opportunity for employees to lead to the individual ego and strengthen employee commitment to the company. The objectives to be achieved in this study ; 1) To determine the direct effects of training materials, training methods and training time on the ability of employees; 2) To determine the direct effects of training materials, training methods, training time, work motivation and ability of employees to the performance of employees ; 3) To determine the indirect effect of training materials, training methods and training time on the performance of employees through the employees ability. Based on the research objectives previously set, then this type of research is explanatory, research that describes and spotlights the relationship between these variables and test research hypotheses have been formulated before. Therefore this research study also called hypothesis testing. Based on the analysis of descriptive statistics, then the description of Average Total Score Variables: Training Materials for 4.08, 3.85 for Training Methods, Training Time at 3.78, 3.69 for Work Motivation, Employee Capability of 4,02 and 3.75 for Employee Performance. Based on the results of the test coefficient of determination training materials (X1), Methods Training (X2) and Time Training (X3) having a significant effect on the ability of employees (Z) is equal to 0.793 or 79.3%. And training (X1 X2 X3), motivation (X4), Employee Capability (Z) of the Employee Performance (Y) is equal to 0.935 or 93.5%. Inspite of the fact that the rest influenced by other variables outside of the independent variables studied. The results of hypothesis testing as a whole, the model in this study consists of eight direct influence, and 3 indirect effect, because the direct influence of training (X1 X2 X3) of the Employee Performance (Y) and the direct influence between the ability of employees (Z) of the Employee Performance (Y) is significant, then the indirect effect of training (X1 X2 X3) of the Employee Performance (Y) through the ability of employees (Z) is also significant.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/352.669/ALI/p/041200054
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.6 Personnel management (Human resource management)
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 25 Apr 2012 14:31
Last Modified: 25 Apr 2012 14:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/156926
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item