Kinerja Organisasi Publik dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik (Studi tentang Kinerja Pemerintah Kecamatan Batu dan Kelurahan Temas, Kota Batu dalam Pelaksanaan Program Pelayanan Administrasi kepada

Prasaja, Aditya (2012) Kinerja Organisasi Publik dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik (Studi tentang Kinerja Pemerintah Kecamatan Batu dan Kelurahan Temas, Kota Batu dalam Pelaksanaan Program Pelayanan Administrasi kepada. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penyelenggaraan pelayanan publik merupakan fungsi pemerintah yang harus dilaksanakan dengan baik salah satunya adalah pelayanan bidang administrasi yang kewenangannya penyelenggaraannya masih menjadi monopoli pemerintah. Seiring dengan perkembangan masyarakat, pemerintah dituntut untuk lebih responsif dan inovatif dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang mana salah satu bentuk responsivitas dan inovasi tersebut adalah melalui program pelayanan administrasi pada malam hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang: 1) Bagaimana kinerja Pemerintah Kecamatan Batu dan Kelurahan Temas dalam pelaksanaan program pelayanan publik pada malam hari, dan 2) Faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat program pelayanan publik pada malam hari di lingkungan Pemerintah Kecamatan Batu Kelurahan Temas. Penelitian dilakukan pada Kantor Kecamatan Batu dan Kelurahan Temas, responden terdiri dari aparatur penyelenggara pelayanan dan masyarakat pengguna layanan. Metode analisis yaitu dengan melakukan: 1) Reduksi data, 2) Penyajian data, dan 3) Menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Pelaksanaan standar pelayanan publik pada Kantor Kecamatan Batu dan Kelurahan Temas yang meliputi: a) Produk pelayanan, b) Persyaratan, c) Prosedur, d) Jangka Waktu, e) Biaya, f) Sarana, g) Kompetensi pelaksana, h) Pengawasan internal, i) Penanganan pengaduan, j) Jumlah pelaksana, dan k) Evaluasi kinerja; 2) Efisiensi dan efektivitas pegawai dalam melaksanakan pelayanan yang meliputi: a) Kuantitas output pekerjaan, b) Kualitas output pekerjaan, c) Kepatuhan terhadap prosedur; 3) Efisiensi dan efektivitas anggaran dalam pelaksanaan program; 4) Faktor pendukung pelaksanaan program; dan 5) faktor penghambat pelaksanaan program. Hal utama yang mencadi catatan penulis adalah kinerja Pemerintah Kecamatan Batu dan Kelurahan Temas dalam pelaksanaan program pelayanan administrasi pada malam hari cukup baik akan tetapi masih belum optimal karena masih terdapat beberapa permasalahan yaitu pada konsistensi pada penerapan standar pelayanan, kompetensi pegawai, dan saran pendukung kegiatan pelayanan. Selain itu belum adanya legalitas membuat program tersebut menjadi sangat rentan pada perubahan kondisi pada lingkungan Pemerintah Kota Batu.

English Abstract

Public service is a governmental function that should be implemented by government agencies, one of them is administration services that its authority of the implementation is still government monopoly. As the communities is developing, the government is needed to be more responsive and innovative in public service, which one of these forms of responsiveness and innovation is through a program of administrative services in the evenings. The purpose of this research is to describe and analyze : 1) How does the performance of Kecamatan Batu and Kelurahan Temas in implementing public service programs in the evenings , and 2) What are the factors that supporting and inhibiting the public service program in the evenings at Kecamatan Batu and Kelurahan Temas . The research was conducted at Kecamatan Batu and Kelurahan Temas in March to May 2012 , respondents are apparatus of Kecamatan Batu and Kelurahan Temas and service user communities . The method of analysis is to perform : 1) Reduction of data , 2) Presentation of data, and 3) Drawing conclusions and verification . The results of this research are: 1) Implementation of the standards of public service at Kecamatan Batu and Kelurahan Temas, including : a) Product of service , b ) Requirements , c ) Procedures , d ) Period, e ) Costs , f ) Means, g) Competence of apparatus , h ) Internal oversight , i ) Handling of complaints

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/352.66/PRA/k/041305372
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.6 Personnel management (Human resource management)
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 08 Oct 2013 16:12
Last Modified: 08 Oct 2013 16:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/156924
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item