Evaluasi Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Kompetensi Sumber Daya Aparatur” (Studi di Badan Kepegawaian Daerah Kota Magelang)

Mulyaningsih (2016) Evaluasi Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Kompetensi Sumber Daya Aparatur” (Studi di Badan Kepegawaian Daerah Kota Magelang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan PNS salah satunya dilakukan melalui pendidikan dan pelatihan. Sebagai lembaga yang menangani masalah kepegawaian BKD Kota Magelang mempunyai kewenangan dalam hal penyelenggaraan diklat. Akan tetapi pelaksanaan diklat kompetensi yang diselenggarakan oleh BKD kota Magelang selama ini belum dilakukan evaluasi. Pada kurikulum diklat masih terjadi kekurangsesuaian antara materi teori dan praktik. Evaluasi diklat hanya dalam bentuk output berupa sertifikat dan dilakukan sesaat setelah pegawai selesai mengikuti diklat, tetapi tidak setelah pegawai kembali ke instansinya. Dengan demikian, tidak dapat dijadikan untuk dasar perencanaan diklat selanjutnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan diklat dan menganalisis manfaat setelah mengikuti diklat kompetensi sumber daya aparatur di BKD Kota Magelang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumen serta menggunakan analisis data kualitatif model interaktif. Evaluasi pelaksanaan diklat meliputi 1) kurikulum dan materi diklat sesuai dengan diklat yang diselenggarakan yaitu SAP berbasis Akrual 2) lamanya diklat sesuai dengan waktu yang ditentukan dan jadwal yang tersedia 3) metode diklat menggunakan metode pembelajaran orang dewasa (andragogi) melaui ceramah, tanya jawab, studi kasus dan diskusi 4) mayoritas widyaiswara sudah cukup berkompeten; 5) Peserta diklat adalah pegawai yang bekerja di bidang keuangan; 6) sarana prasarana diklat sudah tercukupi; 7) panitia diklat memberikan pelayanan yang baik; 8) anggaran diklat sudah sesuai dengan kebutuhan diklat. Adapun manfaat diklat adalah 1) manfaat bagi individu/pegawai yaitu bertambahnya pengetahuan dan keterampilan pegawai 2) manfaat bagi organisasi adalah kinerja instansi menjadi lebih baik. Pelaksanaan diklat kompetensi di BKD Kota Magelang telah berjalan dengan baik dan manfaat diklat berguna dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan alumni diklat. Hasil evaluasi dapat dijadikan perencanaan pada diklat selanjutnya

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/352.66/MUL/e/2016/041702350
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.6 Personnel management (Human resource management)
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 04 Apr 2017 09:06
Last Modified: 04 Apr 2017 09:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/156922
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item