Pengaruhimplementasi Internal Marketingterhadap Kinerja Melalui Kepuasan Tenaga Kependidikan Di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang

Ikhsania, Zulta (2015) Pengaruhimplementasi Internal Marketingterhadap Kinerja Melalui Kepuasan Tenaga Kependidikan Di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh positif implementasi internal marketing dalam meningkatkan kepuasan tenaga kependidikan, pengaruh positif kepuasan dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan. Serta pengaruh positif implementasi internal marketing dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang. Populasi penelitian adalah tenaga kependidikan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang sebanyak 103 orang, dengan pengambilan sample proporsional random sampling sehingga diperoleh sample sebanyak 82 orang. Pengujian tiga hipotesis dalam penelitian ini dianalisis dengan Model Struktural yang menggunakan Partial Least Square (PLS). Implementasi internal marketing berpengaruh langsung yang signifikan terhadap peningkatan kepuasan tenaga kependidikan. Mengingat koefisien inner weight bertanda positif, mengindikasikan bahwa hubungan keduanya positif. Artinya, makin baik penerapan internal marketing, semakin tinggi tingkat kepuasan tenaga kependidikan.Dengan demikian hipotesa pertama dapat dibuktikan. Kepuasan tenaga kependidikan berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap peningkatan kinerja tenaga kependidikan. Sehingga hipotesa kedua yang mengatakan bahwa makin baik kepuasan tenaga kependidikan, semakin tinggi kinerja tenaga kependidikan tidak dapat dibuktikan. Internal marketing dinyatakan berpengaruh namun tidak signifikan untuk meningkatkan kinerja tenaga kependidikan. Sehingga hipotesa ketiga yang menyatakan makin baik implementasi internal marketing, semakin tinggi kinerja tenaga kependidikan tidak dapat dibuktikan. Disarankan kepada manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang bahwa penerapan internal marketing yang yang baik dan terus menerus dapat memberikan efek yang baik terhadap peningkatan kinerja karyawan sehingga mereka menjadi lebih loyal terhadap organisasi.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/352.66/IKH/p/2015/041606036
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.6 Personnel management (Human resource management)
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen Pendidikan Tinggi, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 09 Dec 2016 08:48
Last Modified: 30 Mar 2022 08:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/156918
[thumbnail of Zulfa Ikhsania 1.pdf]
Preview
Text
Zulfa Ikhsania 1.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item