Alves, Paulo (2010) Kinerja Aparat Birokrasi Pada Secretariat Negara Urusan Pelatihan Profesional dan Pekerjaan (SEFOPE) dalam memberikan pelayanan kepada Pencari Kerja di Timor-Leste. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Walaupun berdiri sebagai Negara baru yang secara de jure kemerdekaannya diproklamirkan pada tanggal 20 Mei 2002 dengan sistim admistrasi yang baru namun masyarakat sebagai penerima layanan khususnya masyarakat pencari kerja di Timor-Leste mengharapkan adanya suatu proses pelayanan yang lebih cepat, profesional, praktis serta dengan prosedur yang tidak rumit dan kompleks. Untuk mendorong demi terwujudnya hal-hal tersebut diatas maka upaya untuk meningkatkan kinerja aparat birokrasi pada Sekretariat Negara Urusan Pelatihan Profesional dan Pekerjaan (SEFOPE) didalam memberikan pelayanan kepada pencari kerja di Timor-Leste demi terciptanya suatu iklim pelayanan yang prima kepada masyarakat sesuai dengan harapan masyarakat di Timor-Leste khususnya masyarakat pencari kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami dan mendeskripsikan secara mendalam mengenai : (1) Proses pencapaian knerja aparat birokrasi pada Sekretariat Negara Urusan Pelatihan Profesional dan Pekerjaan (SEFOPE) dalam memberikan pelayanan kepada pencari kerja di Timor-Leste; (2) Faktor-faktor apa sajakah yang menjadi pendorong dan penghambat kinerja aparat birokrasi pada Sekretariat Negara Urusan Pelatihan Profesional dan Pekerjaan (SEFOPE) dalam memberikan pelayanan kepada pencari kerja di Timor-Leste. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk analisis data kualitatif dengan menggunakan model analisis interaktif yang dikembangkan oleh Mathew B. Milles dan A. Michael Hubberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penarikan data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan : (1) Bahwa proses pencapaian kinerja aparat birokrasi pada Sekretariat Negara Urusan Pelatihan Profesional dan Pekerjaan (SEFOPE) dalam memberikan pelayanan kepada pencari kerja di Timor-Leste secara umum belum menunjukan kinerja yang optimal. Hal ini terlihat dengan adanya penerapan prsedur pelayanan penerbitan kartu identitas pencari kerja yang lebih berpedoman pada aturan formal dan instruksi pimpinan sehingga pelayanan menjadi rumit dan kaku. Kualitas pelayanan dimana masyarakat merasa bahwa pelayanan yang diberikan oleh aparat birokrasi pada Sekretariat Negara Urusan Pelatihan Profesional dan Pekerjaan (SEFOPE) masih jauh dari standar, Biaya pelayanan, diamana masyarakat merasa terbebani dengan biaya yang dikeluarkan untuk tranportasi,fotocopy namun tidak sesuai dengan harapan belum lagi bagi mereka yang diterima bekerja di luar negeri (Korea Selatan) mereka harus meminjam sendiri yang nantinya mereka yang bayar sendiri, serta waktu pelayanan yang tidak sesuai dengan program kerja divisi melalui Anual Action Plan (AAP) yang telah ditetapkan oleh Dewan Menteri. (2) Faktor pendorong dan penghambat kinerja aparat birokrasi pada Sekretariat Negara Urusan Pelatihan Profesional dan Pekerjaan (SEFOPE) dalam memberikan pelayanan kepada pencari kerja di Timor-Leste, sebagai faktor pendorongnya adalah adanya sistim reward dan punhisment yang sama.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/352.66/ALV/k/041003689 |
Subjects: | 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.6 Personnel management (Human resource management) |
Divisions: | S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 14 Feb 2011 11:17 |
Last Modified: | 14 Feb 2011 11:17 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/156917 |
Actions (login required)
View Item |