Kinerja Birokrasi Dalam Pelayanan Publik (Studi pada Dinas Pertanian Kabupaten Jombang dalam Pelaksanaan Penyaluran Pupuk Bersubsidi di Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang).

Vidyanita,Vivi (2013) Kinerja Birokrasi Dalam Pelayanan Publik (Studi pada Dinas Pertanian Kabupaten Jombang dalam Pelaksanaan Penyaluran Pupuk Bersubsidi di Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar berbagai sumber yang berkembang di masyarakat maupun hasil penelitian yang menunjukkan bahwa selama ini kinerja birokrasi publik di Indonesia masih buruk, serta adanya tuntutan masyarakat agar aparatur pemerintah selalu melakukan perbaikan – perbaikan untuk menciptakan kualitas pelayanan prima. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan dan menganalisis kinerja birokrasi dan faktor-faktor pendukung dan penghambat pelayanan publik Dinas Pertanian Kabupaten Jombang dalam Pelaksanaan Penyaluran Pupuk Bersubsidi di Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang. Jenis penelitian ini adalah survey, dengan analisis yang digunakan adalah analisis interaktif menurut Miles dan Huberman. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data menggunakan kriteria derajat kepercayaan (credibility), keteralihan (transferability), ketergantungan (dependability) dan kepastian (confirmability). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja birokrasi Dinas Pertanian dalam Pelaksanaan Penyaluran Pupuk Bersubsidi di Kecamatan Jombang masih belum optimal. Belum semua permasalahan dapat diselesaikan dengan baik dan memuaskan pengguna layanan, masih sebagian dari permasalahan yang mampu ditangani dan masih ada sebagian pelayanan yang dapat diselenggarakan secara responsif, memuaskan pengguna layanan dan berorientasi terhadap perubahan. Rekomendasi yang dapat disampaikan dalam upaya peningkatan kinerja birokrasi dalam pelayanan publik agar tercapai tataran optimal adalah perlunya (1) peningkatan komunikasi yang lebih intensif antara Dinas Pertanian dengan pihak-pihak yang terkait dalam penyaluran pupuk bersubsidi untuk berkoordinasi dalam menentukan harga yang realistis bagi pengecer dan petani dengan mempertimbangkan daya beli petani dan keuntungan yang wajar bagi pengecer sehingga dapat tercapai asas keadilan bagi semua pihak, (2) perlu adanya penyuluhan, bimbingan dan sosialisasi yang lebih intensif melalui berbagai media dan merata ke seluruh desa untuk menggunakan pupuk organik atau dengan memberikan pelatihan pembuatan pupuk kompos sehingga diharapkan dapat mengubah pola pikir petani untuk beralih ke pertanian organik, (3) diperlukan kerjasama yang optimal antara pihak-pihak yang terkait utuk mengawasi peredaran pupuk subsidi dan pemberian sanksi yang tegas dan berat bagi siapa saja yang melanggar ketentuan Pemerintah dalam penyaluran pupuk bersubsidi, (4) memperbaiki mekanisme penyaluran subsidi pupuk karena subsidi pupuk masih belum dikategorikan efektif, perbaikan ini terutama dalam kaitannya viii dengan harga dan jumlah pupuk subsidi yang seharusnya diterima petani, (5) memperpendek jalur birokrasi dalam distribusi pupuk bersubsidi untuk menghindari adanya pungutan liar yang diakibatkan dari rente birokrasi yang panjang.

English Abstract

This research was conducted on the basis of the resources developed in the community as well as the results of studies showing that during the performance of public bureaucracy in Indonesia is still bad, as well as the public demands that government officials always make improvements fixes to create excellent service quality. The purposes of this study are to describe and analyze the performance of the bureaucracy, support and barrier factors in public services at Department of Agriculture Jombang Regency in the implementation distribution of subsidized fertilizer in Jombang District. This research is a survey, by using interactive analysis according to Miles and Huberman. The data was collected through questionnaires, interviews, observation and documentation. The data validity is examined using criteria of credibility, transferability, dependability and confirmability. The results showed that the performance of the bureaucracy Department of Agriculture in implementation distribution of subsidized fertilizer in Jombang district still not optimal. Not all problems can be solved with a good and satisfying service users, still some of the problems that can be handled and there are some services that can be held in responsive, satisfying service users and oriented towards change. Recommendations that can be delivered in an effort to improve the performance of the bureaucracy in the public service in order to achieve an optimal level is the need to (1) increase of more intensive communication between Department of Agriculture with the parties involved in the distribution of subsidized fertilizer to coordinate in determining a realistic price for retailers and farmers taking into account the purchasing power of farmers and reasonable profits for retailers so as to achieve the principle of fairness to all parties, (2) the need for counseling, guidance and more intensive socialization through various media and evenly to the entire village to use organic fertilizer or by providing training in the making fertilizer which is expected to change the mindset of farmers to switch to organic farming, (3) required an optimal cooperation between the parties relating weeks to oversee the distribution of fertilizer subsidies and strict and severe penalties for anyone who violates the provisions of the Government in the distribution of fertilizer subsidies, (4) improve the distribution mechanism of fertilizer subsidies for fertilizer subsidy is still considered effective, these improvements especially in relation to the price and quantity of fertilizer subsidies to be received by farmers, (5) shorten the path of bureaucracy in the distribution of subsidized fertilizer to avoid the illegal fees result of a long bureaucratic rents.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/352.63/VID/k/041500176
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.6 Personnel management (Human resource management)
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Samsul Arifin
Date Deposited: 22 Apr 2015 15:44
Last Modified: 22 Apr 2015 15:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/156908
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item