Kualitas Pelayanan Publik dalam Perspektif Governance (Studi Kepuasan Masyarakat terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pasuruan)

Rusmawardani, Heni (2012) Kualitas Pelayanan Publik dalam Perspektif Governance (Studi Kepuasan Masyarakat terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pasuruan). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam rangka pencapaian tujuan pembangunan nasional diperlukan peran serta aparatur Negara yang bertugas memberikan pelayanan publik secara profesional, namun pada kenyataannya saat ini terjadi kemerosotan profesionalisme pelayanan publik, baik dalam skala nasional maupun lokal (di daerah-daerah). Menurunnya kualitas pelayanan publik mengakibatkan menurunnya tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis: 1) tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan publik; 2). kualitas pelayanan publik dalam perspektif governance . Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan induktif dan berfokus pada tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik dan kualitas pelayanan publik dalam perspektif governance di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pasuruan dengan menggunakan 14 indikator pengukuran IKM sesuai dengan KEPMENPAN No. 25 Tahun 2004 kemudian dianalisis berdasarkan perspektif governance. Instrumen penelitian menggunakan wawancara, kuesioner dan dokumentasi serta teknik analisis data menggunakan nilai IKM yang dihitung dengan menggunakan nilai rata-rata tertimbang tertimbang masing-masing unsur pelayanan sesuai dengan KEPMENPAN No. 25 Tahun 2004 serta model Milles and Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Keabsahan data diuji melalui uji kredibilitas, uji transferability, uji depenability dan uji confirmability. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik masih rendah dan kualitas pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pasuruan sudah cukup baik namun penerapan asas-asas good governance masih kurang baik. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu masih banyak aspek-aspek yang perlu dibenahi untuk meningkatkan tingkat kepuasan masyarakat dan kualitas pelayanan publik agar sesuai dengan asas-asas good governance. Penulis juga menyarankan perlu adanya peraturan yang lebih tegas dan pengawasan yang lebih baik dari atasan ke bawahan maupun sesama pegawai.

English Abstract

In order to achieve national development goals required the participation of state officials charged with providing public services in a professional manner, but in reality the current downturn professionalism of public service, both nationally and locally (in areas). Declining quality of public services resulting in reduced levels of public satisfaction with public services. The purpose of this study was to describe and analyze: 1) the level of community satisfaction with the quality of public services, 2). quality of public services in the governance perspective. This study uses qualitative research methods with an inductive approach and focus on the level of public satisfaction with public services and quality of public services in the perspective of governance in the Department of Population and Civil Pasuruan using 14 indicators measuring in accordance with KEPMENPAN No IKM. 25 of 2004 and then analyzed by governance.Instrumen research perspective using interviews, questionnaires and documentation and data analysis techniques using the HPI is calculated using the weighted average value of each element weighted according to the KEPMENPAN No service. 25 of 2004 and Miles and Huberman models that include data reduction, data presentation and verification. Data validity is tested through the test of credibility, transferability test, test and test depenability Confirmability. The results of this study indicate that the level of public satisfaction with public services is still low and the quality of public services in the Department of Population and Civil Pasuruan has been good enough but the implementation of the principles of good governance is still not good. Conclusions in this research that there are still many aspects that need to be addressed to improve the level of community satisfaction and quality of public services to fit the principles of good governance. The author also suggests the need for more rigorous regulation and better supervision of superiors to subordinates and fellow employees.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/352.63/RUS/k/041204308
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.6 Personnel management (Human resource management)
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 26 Dec 2012 10:33
Last Modified: 26 Dec 2012 10:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/156900
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item