Maulana, Surya (2014) Evaluasi Kinerja Aparatur Pemerintah dalam Pelayanan Publik di Daerah Pemekaran (Studi pada Pemerintah Daerah Kabupaten Tana Tidung). Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pemerintah Kabupaten Tana Tidung dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2007 Tanggal 10 Agustus 2007 tentang pembentukan Kabupaten Tana Tidung di Provinsi Kalimantan Timur. Tujuan utama dalam pemekaran Kabupaten Tana Tidung adalah untuk mendekatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat dan pemerataan pembangunan. Sejak dimekarkan dan IPM Kabupaten Tana Tidung mulai dihitung, status kinerja pembangunan manusia di Kabupaten Tana Tidung relatif masih rendah. Hal tersebut menunjukkan belum maksimalnya tingkat pelayanan kepada masyarakat yang juga berkorelasi masih rendahnya kinerja aparatur pemerintah Kabupaten Tana Tidung. Sehingga dalam penelitian ini, peneliti memfokuskan pada evaluasi penyedian layanan publik dan kinerja aparatur pemerintah, khususnya pada bidang kesehatan, pendidikan dan infrastruktur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dengan teknik dokumentasi, observasi, dan wawancara. Sumber data berasal dari data primer diperoleh melalui wawancara dengan informan dari Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, PU, dan beberapa masyarakat Kabupaten Tana Tidung. Sedangkan data sekunder digali dari RPJMD, RKPD, Renja, Renstra, dan LKPJ Kabupaten Tana Tidung. Metode analisis data menggunakan adalah analisis data kualitatif model interaktif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini u ntuk mempermudah menganalisis evaluasi penyediaan layanan publik bidang kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur peneliti menggunakan model CIPP, sedangkan untuk menganalisis evaluasi kinerja aparatur pemerintah peneliti menggunakan model Balanced Scorecard, kedua model evaluasi tersebut digunakan sebagai dasar dalam melakukan evaluasi. Dimana setelah dilakukan evaluasi dengan model CIPP, peneliti dapat menyimpulkan bahwa dari tiga bidang layanan yang dievaluasi, hanya pada bidang infrastruktur memiliki tingkat pelayanan yang cukup baik. Dengan masih rendahnya tingkat pelayanan secara umum di KTT, peneliti mengasumsikan bahwa kinerja aparatur pemerintah juga masih rendah. Hal tersebut lebih lanjut tampak pada evaluasi kinerja melalui model balanced scorecard , dimana dalam empat perspektif yang ada, kinerja pemerintah dirasa masih belum optimal. Sehingga, saran yang dapat diberikan adalah Pemerintah Kabupaten Tana Tidung perlu untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas aparatur. Upaya nyata yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan penataan manajemen kepegawaian melalui pemanfaatkan assessment center, menyusun job grading dan job pricing , serta dalam proses rekrutmen CPNS harus menggunakan system pengadaan dan seleksi yang baik. Serta digunakannya IKM untuk mengukur kepuasan masyarakat terhadap kinerja pelayanan pemerintah Kabupaten Tana Tidung.
English Abstract
The government of Tana Tidung Regency has been formed by Law Number 34 Year 2007 on August 10, 2007 about formation of Tana Tidung Regency in East Kalimantan Province. The main purpose of Tana Tidung Regency`s proliferation is to make government service more close to community and equity of development. Since the proliferation and human development index in Tana Tidung Regency is calculated, the performance of human development di Tana Tidung Regency still relatively low. It shows not maximal level of service to the community which is also correlated to the low performance of government officials in Tana Tidung Regency. Thus, in this study, researchers focused on the provision of public services and the evaluation of the performance of government officials, particularly in the areas of health, education and infrastructure. The method used in this study is a qualitative approach, with descriptive research. Data collection was used by techniques documentation, observation, and interviews. Source of data derived from primary data obtained through interviews with informants from the Department of Health, Education, Public Works, and some people of Tidung Tana Regency. While secondary data extracted from RPJMD, RKPD, Renstra, Renja and LKPJ of Tana Tidung Regency. Method of data analysis is the analysis of qualitative data using interactive models, namely data reduction, data display, and conclusion. In this research to facilitate the evaluation analyzes the provision of public services in health, education, and infrastructure and to analyze the performance evaluation of local government officials in the provision of public services in Tana Tidung Regency, researchers used CIPP and balanced scorecard model as a basis for the evaluation. Where after evaluation with CIPP evaluation model, researchers can conclude that three service areas ware evaluated, just only the infrastructure has a quite good level of service. With the low level of general services in Tana Tidung Regency, researchers assume that the performance of government officials is still low. It further looks at the performance evaluation through balanced scorecard models, where based on fourth perspective on balanced scorecard like customer and stakeholder perspective, financial perspective, employees and organization perspective and the last is business internal perspective shows that the performance of government official still low. So, suggestions are given as input is Tana Tidung Government needs to improve the quality and quantity of personnel. Real effort to do that is by structuring the management of personnel through utilizing assessment center for measuring job competency, job grading and preparing job pricing, as well as in the recruitment of civil servant must use the procurement system and a good selection. And apply community satisfaction index as a tool to measure community satisfaction towards government official performance.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/352.63/MAU/e/041404661 |
Subjects: | 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.6 Personnel management (Human resource management) |
Divisions: | S2/S3 > Magister Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi |
Depositing User: | Endro Setyobudi |
Date Deposited: | 09 Sep 2014 15:11 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 15:11 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/156895 |
Actions (login required)
View Item |