Perencanaan Peningkatan Pelayanan Perpustakaan (Studi pada Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang)

Kristanto, Adhi (2011) Perencanaan Peningkatan Pelayanan Perpustakaan (Studi pada Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengembangan perpustakaan saat ini cenderung mengikuti rutinitas harian, tujuan yang akan dicapai tidak jelas, pelaksanaan kegiatan menjadi tumpang tindih sehingga perkembangan perpustakaan menjadi lamban. Sebagai lembaga yang selalu berkembang, seharusnya perpustakaan memerlukan perencanaan dalam pengelolaan meliputi bahan informasi, sumber daya manusia, dana, gedung/ruang, sistem dan perlengkapan. Sehingga, bagi masyarakat luas, perpustakaan belum mampu berfungsi optimal sebagai tempat menggali pengetahuan praktis. Tujuan penelitian ini adalah, pertama, untuk mendeskirpsikan dan menganalisis proses perencanaan peningkatan pelayanan perpustakaan di Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang. Kedua, untuk mendeskirpsikan dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat perencanaan peningkatakan pelayanan perpustakaan di Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang. Sumber data berasal dari informan dan dokumen-dokumen, serta tempat dan peristiwa. Metode penelitian dilakukan dengan analisis data dari Miles dan Huberman melaui tahapan reduksi data, menyajikan data serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang menggunakan berita yang menyatakan bahwa Perpustakaan sebagai perpustakaan terjelek di Indonesia sebagai isu strategis dalam upaya memperoleh dukungan dari Pemerintah Kota Malang dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Malang dalam pengembangan perpustakaan. Tahapan dan proses perencanaan Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang sudah sesuai dengan RPJMD Kota Malang dan Renstra tahun 2009-2013, tetapi Kepala Kantor belum melibatkan stakeholder seperti kepala seksi, pustakawan dan staf dalam penyusunan perencanaan. Bentuk program perencanaan peningkatan pelayanan perpustakaan belum mengantisipasi perkembangan masyarakat dan teknologi informasi yang pesat sehingga program kegiatan cenderung tetap. Hasil penelitian juga mengungkapkan adanya faktor-faktor yang mendukung dan menghambat perencanaan peningkatan pelayanan perpustakaan.Faktor pendukungnya adalah adanya peraturan yang mendukung tugas pokok dan fungsi Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang dalam bidang perencanaan dan kebijakan Pemerintah Kota Malang sebagai acuan perencanaan, lokasi kantor perpustakaan yang strategis, dan komunitas yang ada . Sedangkan faktor penghambatnya adalah belum adanya komitmen dari pimpinan untuk melibatkan kepala seksi,pustakawan dan staf dalam perencanaan, belum digunakannya identifikasi masalah layanan dalam penyusunan perencanaan, pergantian pimpinan, kurangnya anggaran, Kualitas Sumber Daya Manusia yang masih rendah.

English Abstract

Nowadays, the development of library tends to be routine agenda without a clearly defined objectives and the carried out activities are overlapping which lead to slow progress. As developing institution, library should have administrative planning which covers information sources, human resource, fund, infrastructure, system and facilities. So far library has not yet optimalized its function as place for exploring practical knowledge. The objectives of this research are, firstly, to describe and analyze the planning process on improving library service in Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang. Secondly, to describe and analyze supporting and weakening factors for the library improvement planning in Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang. Source of data are the informant and documents, as well as places and incidents. Research Methodology used is data from Miles and Huberman through data reduction, data presentation and conclusion. The result of this research shows that Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang used one news that stated Perpustakaan Kota Malang is the worst library in Indonesia as the strategic issue to gain support from local government and DPRD Kota Malang to develop the library. The planning steps and process have been in accordance with RPJMD Kota Malang and Renstra Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang year 2009-2013. However, the head of the library has not involved stakeholders such as Section Head, Librarian and staff in planning process. The library service improvement planning program has not anticipated the fast development in society and information technology, hence, the programs tend to be stagnan. The supporting factors in service improvement planning are the regulation that supports the main task and function of Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang in Pemerintah Kota Malang`s policy and planning as the reference of the planning, strategic location, and the community. The weakening factors are lack of commitment of Head of the Library to involve the Section Head, Librarian, and staff in planning, there is no service problem identification in planning, the resufle of Head of the Library, lack of fund to develop, low quality of human resources.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/352.63/KRI/p/041200172
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.6 Personnel management (Human resource management)
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 01 Aug 2012 14:30
Last Modified: 01 Aug 2012 14:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/156892
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item