Implementasi Gerakan Puskesmas Bersemangat Kerja dengan Hati Menuju Peningkatan Mutu Pelayanan Publik (Berhati MP3) (Studi pada Puskesmas Sumberagung, Puskesmas Licin, Puskesmas Kalibaru Kulon dan Pus

Dewi, RiyantiAnantaPurnamaningsihKusuma (2012) Implementasi Gerakan Puskesmas Bersemangat Kerja dengan Hati Menuju Peningkatan Mutu Pelayanan Publik (Berhati MP3) (Studi pada Puskesmas Sumberagung, Puskesmas Licin, Puskesmas Kalibaru Kulon dan Pus. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Implementasi Gerakan Puskesmas yang dilaksanakan oleh Puskesmas Sumberagung, Puskesmas Licin dan Puskesmas Kalibaru Kulon Kabupaten Banyuwangi saat ini telah menjadi isu strategis, karena tingkat kualitas kinerja pelayanan publik pada ketiga puskesmas tersebut akan menentukan baik buruknya pelayanan dan citra para pegawainya. Karena dengan kualitas pelayanan publik yang semakin baik, kepuasan, dan kepercayaan masyarakat akan dapat diwujudkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis Implementasi Gerakan Puskesmas Berhati MP3 dari sisi Visi dan Misi, peran Kualitas Sumberdaya Aparatur dan Sistem & Prosedur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berupa teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode analisa data model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Visi dan Misi di Puskesmas Sumberagung, Licin dan Kalibaru Kulon secara umum sudah mampu memotivasi karyawan untuk pelayanan terbaik kepada masyarakat, walaupun dalam mengimplementasikannya belum dapat berfungsi secara maksimal. Sedangkan Visi dan Misi di Puskesmas Benculuk dapat memotivasi secara maksimal. (2). Peran kualitas Sumberdaya Aparatur dalam Implementasi Gerakan Puskesmas di Puskesmas Sumberagung, Licin dan Kalibaru Kulon masih jauh dibawah standar dan harus ditingkatkan lagi. (3). Sistem dan Prosedur Kerja di Puskesmas Sumberagung, Licin dan Kalibaru Kulon belum berjalan sesuai dengan ketentuan. Dari hasil penelitian tersebut peneliti merekomendasikan bahwa: (1). Dalam menyusun Visi dan Misi perlu melibatkan seluruh karyawan agar terbangun kebersamaan, rasa ikut memiliki dan pemahaman yang sama terhadap visi dan misi tersebut, sehingga mampu memberikan daya dorong dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat. (2). Pembenahan kualitas Sumberdaya Aparatur harus dilakukan secara konstruktif dan menyeluruh dengan melihat beban tugas, latar belakang pendidikan, jumlah karyawan dan sosio cultural masyarakat setempat, sehingga dihasilkan penataan sumberdaya aparatur yang tepat, effisien dan effektif. (3). Sistem dan Prosedur dibuat sesederhana mungkin dengan mengacu pada kondisi stakeholder dan masukan dari seluruh karyawan, selanjutnya disosialisasikan kepada seluruh masyarakat, sebagai pedoman pelaksanaan pelayanan masyarakat (pengguna jasa).

English Abstract

Implementation is carried out by Sumberagung health center, Licin and Kalibaru Kulon Banyuwangi has now become a strategic issue, because the level of quality service delivery at all three centers will determine whether the image of the bad service and its employees. Due to the quality of public services better, satisfaction, and public confidence will be realized. The purpose of this study to determine, describe and analyze the implementation of Community Health Center Movement Be MP3 of the vision and mission, the role of Quality Resources Apparatus and Systems & Procedures. This study uses a qualitative approach to data collection techniques through interviews, documentation, and observation. Data were analyzed with an interactive model of data analysis methods. The results showed that: (1). Vision and Mission Sumberagung Health Center, Licin and Kalibaru Kulon generally been able to motivate employees for service to the community, although in implementing it have not been able to function optimally. While the vision and mission in the health center can Benculuk Health Center optimally. (2). Resources Apparatus role in the implementation of quality movement in Sumberagung health center, Licin and Kalibaru Kulon still far below standard and should be increased again. (3). Work systems and procedures at Sumberagung health center, Licin and Kalibaru Kulon not run in accordance with the provisions. From these results the researchers recommend that: (1). In preparing the Vision and Mission of the need to involve all employees in order to wake up together, a sense of belonging and a common understanding of the vision and mission, so as to provide the driving force in implementing the public service. (2). Improving the quality Resources Apparatus should be done constructively and with a thorough look at the burden of duties, educational background, number of employees and socio-cultural communities, so that the resulting arrangement of the apparatus proper resources, efficiently and effectively. (3). Systems and procedures as simple as possible with reference to the condition of stakeholders and input from all employees, then disseminated to the entire community, to guide the implementation of community service (service users).

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/352.63/DEW/i/041204170
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.6 Personnel management (Human resource management)
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 30 Nov 2012 09:59
Last Modified: 30 Nov 2012 09:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/156885
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item