Sikap Dan Perilaku Aparatur Dalam Pengelolaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (Apbd)

Putra, AndityaFitrawanDwi (2015) Sikap Dan Perilaku Aparatur Dalam Pengelolaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (Apbd). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini memberikan gambaran sikap dan perilaku aparatur dalam pengelolaan APBD di Dinas Pendidikan Pemerintah Kota Batu. Pengelolaan APBD dalam penelitian ini mencakup implementasi anggaran berbasis kinerja dan efektivitas penyerapan anggaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif studi kasus. Teori sikap Stephen Robbins yang terdiri dari aspek pernyataan evaluasi dan perilaku digunakan untuk menjelaskan sikap dan perilaku aparatur. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, dalam perencanaan anggaran, sikap aparatur menyatakan penerapan anggaran berbasis kinerja belum dilaksanakan semestinya, perilaku aparatur masih berpedoman pada ketersediaan anggaran tanpa memperhitungkan indikator kinerja. Kedua, dalam efektivitas penyerapan anggaran, sikap aparatur menyatakan penyerapan anggaran yang dominan di akhir tahun disebabkan dokumen SPD dan LAKIP belum berfungsi maksimal sebagai dasar penyerapan dan evaluasi pengelolaan anggaran. Perilaku aparatur memandang SPD dan LAKIP sebatas dokumen tahunan. Ketiga, sikap dan perilaku aparatur dalam upaya peningkatan efektivitas perencanaan dan penyerapan anggaran ditunjukkan dengan peningkatan koordinasi aparatur dengan pimpinan, pihak legislatif serta antar aparatur terkait.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/352.6/PUT/s/2015/041600098
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.6 Personnel management (Human resource management)
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 22 Jul 2016 10:10
Last Modified: 22 Jul 2016 10:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/156879
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item