Variabel yang mempengaruhi Preferensi Nasabah Non Musli dalam Mempertimbangkan Pemanfaatan Produk dan Jasa Bank Syariah di Kota Surabaya

Supriono (2010) Variabel yang mempengaruhi Preferensi Nasabah Non Musli dalam Mempertimbangkan Pemanfaatan Produk dan Jasa Bank Syariah di Kota Surabaya. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan bank syariah di Indonesia saat ini dapat dikatakan cukup signifikan, juga mendapat perhatian yang cukup besar dari pemerintah melalui peran Bank Indonesia dalam memantau dan mengawas jalannya perkembangan bank syariah ini. Perilaku masyarakat terhadap bank syariah, yang ditunjukkan dengan respon yang sangat variatif. Pertimbangan nasabah dalam memilih bank syariah menjadi salah satu topik yang perlu di diskusikan untuk mengetahui sejauhmana minat masyarakat terhadap bank syariah di Indonesia ini dan faktor apa saja yang dapat mempengaruhi masyarakat untuk mau menjadi nasabah bank syariah. Salah satunya adalah faktor strategi bauran pemasaran yang dilakukan oleh bank syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis variabel yang mempengaruhi preferensi nasabah non muslim yang terdiri Stimulus pemasaran (product, price, promotion, place, people, physical environtment, process), lingkungan (budaya; agama, referensi, keluarga, teknologi), dan individu (kebutuhan, karakteristik, kejiwaan) terhadap preferensi nasabah non muslim dalam mempertimbangkan untuk memanfaatkan produk dan jasa bank Syariah di Kota Surabaya Penelitian dilakukan di kota Surabaya dengan populasi seluruh nasabah Non Muslim pada Bank syariah di kota Surabaya, melalui Bank Syariah Mandiri Cabang Surabaya; Bank Muamalat Cabang Surabaya; BNI Syariah Cabang Surabaya, dengan menggunakan metode purposive sampling, maka diperoleh sampel sebanyak 100 responden. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini adalah Dari faktor stimulus pemasaran (product, price, promotion, place, people, physical environtment, process), lingkungan (budaya; agama, referensi, keluarga, teknologi), dan individu (kebutuhan, karakteristik, kejiwaan) yang paling dominan mempengaruhi preferensi nasabah non muslim dalam mempertimbangkan untuk memanfaatkan produk dan jasa bank Syariah di Kota Surabaya adalah faktor place (lokasi).

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/332.35/SUP/a/2010/041100203
Subjects: 300 Social sciences > 332 Financial economics > 332.3 Credit and loan institutions
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 21 Feb 2011 10:30
Last Modified: 21 Feb 2011 10:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155733
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item