Penggunaan Metode Generalized Least Square (GLS) untuk Menduga Parameter Model Analisis Lintas (Path Analysis)

Primasari, BettyDwi (2011) Penggunaan Metode Generalized Least Square (GLS) untuk Menduga Parameter Model Analisis Lintas (Path Analysis). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Analisis regresi adalah analisis yang mempelajari bentuk hubungan antara variabel tak bebas dan variabel bebas. Dalam praktiknya, variabel bebas tidak selalu dapat mempengaruhi variabel tak bebas secara langsung. Menurut Dillon dan Goldstein (1984), path analysis adalah metode untuk mempelajari pengaruh langsung dan tak langsung dari variabel-variabel. Pada kasus tertentu dijumpai model analisis lintas dengan korelasi sisaan antar persamaan. Menurut Beasley (2008), GLS (Generalized Least Square) dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan analisis lintas dengan sisaan antar persamaan yang berkorelasi. Penelitian ini akan membahas mengenai penggunaan metode GLS pada model analisis lintas di mana sisaan antar persamaannya berkorelasi. Tujuan dari penelitian ini adalah menduga parameter model analisis lintas dengan metode GLS, menguji pengaruh antar variabel pada model analisis lintas, dan menentukan penduga yang lebih efisien antara metode OLS dan GLS. Data yang digunakan adalah data dalam bidang ekonomi. Hasil yang diperoleh adalah pengaruh langsung sistem persamaan nyata, sedangkan pengaruh tak langsung, pengaruh semu, dan pengaruh tak teranalisis sistem persamaan tidak nyata. Berdasarkan kriteria SE, metode GLS menghasilkan model yang lebih baik daripada OLS. Berdasarkan kriteria MSE, metode OLS menghasilkan model yang lebih baik daripada GLS. Sedangkan jika ditinjau dari nilai , OLS menghasilkan model yang lebih baik daripada GLS. Tujuan utama penelitian ini adalah pendugaan parameter, jadi hal utama yang dilihat adalah efisiensi penduga yaitu penduga dengan nilai SE terendah. Jadi dapat disimpulkan bahwa GLS merupakan metode pendugaan yang lebih baik daripada OLS pada model analisis lintas dengan sisaan yang berkorelasi antar persamaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2011/93/051100713
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics > 519.5 Statistical mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 04 Apr 2011 11:08
Last Modified: 28 Oct 2021 01:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/152923
[thumbnail of 051100713.pdf]
Preview
Text
051100713.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item