Uji Coba dan Penyempurnaan Standard Operating Procedure (SOP) Pelayuan dan Penyulingan Proses Produksi Minyak Atsiri Nilam Di Unit Produksi Minyak Nilam Universitas Brawijaya, Kesamben

Lyna, Mohammead (2013) Uji Coba dan Penyempurnaan Standard Operating Procedure (SOP) Pelayuan dan Penyulingan Proses Produksi Minyak Atsiri Nilam Di Unit Produksi Minyak Nilam Universitas Brawijaya, Kesamben. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Upaya yang dilakukan suatu industri untuk mengatasi permasalahan kualitas dari produk yang dihasilkan adalah dengan cara memperbaiki kualitas proses produksinya. Perbaikan kualitas proses produksi dapat dilakukan dengan merumuskan dan menerapkan suatu Standard Operating Procedure (SOP) yang benar dan sesuai, sehingga produk yang dihasilkan dapat memenuhi target yang diinginkan. SOP merupakan dokumen yang berisi prosedur operasi atau proses dimana seluruh aktivitas dari proses tersebut harus mengikuti standar operasi yang telah ditetapkan. Universitas Brawijaya bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Blitar telah mendirikan pembangunan unit produksi minyak atsiri nilam modern di Kecamatan Kesamben, Blitar sebagai pusat rujukan bagi para Usaha Kecil Menegah (UKM) minyak atsiri umumnya dan minyak nilam khususnya. Minyak nilam adalah minyak atsiri yang diperoleh dari penyulingan batang dan daun tanaman nilam. Minyak nilam memiliki potensi strategis di pasar dunia sebagai bahan dalam industri parfum, sabun, kosmetika dan bahan pembuatan pestisida nabati. Minyak nilam berkualitas tinggi harus mengandung patchouli alcohol yang tinggi (minimal 30%). Penelitian ini dilaksanakan di Unit Produksi Minyak Nilam Universitas Brawijaya, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Blitar, Jawa Timur pada bulan Maret 2012 sampai dengan Juni 2012. Metode evaluasi yang digunakan adalah metode analisis deskriptif. Hasil uji coba SOP pelayuan dan penyulingan proses iii produksi minyak atsiri nilam di unit produksi minyak nilam Universitas Brawijaya, Kesamben didapatkan kesimpulan bahwa SOP lama belum sesuai dan terdapat perbaikan SOP pelayuan dan penyulingan. Pada proses pelayuan terdapat koreksi terhadap penggunaan kalimat, bila terdapat ketidaksesuaian pengecekan akan kembali pada tahap staf produksi membuat permintaan daun nilam basah ke bagian gudang, penambahan tahap pengecilan ukuran dengan menggunakan gunting, penambahan tahap pembersihan dan pengikatan tanaman nilam menjadi 1,5 kg, koreksi terhadap cuaca panas dan hujan menjadi keadaan fisik daun nilam diperiksa. Pada proses penyulingan terdapat koreksi terhadap penggunaan kalimat, penetapan pemasukan jumlah bahan baku di dalam ketel suling yaitu 200kg, bila terdapat ketidaksesuaian sistem penyulingan akan kembali pada tahap staf produksi mengecek dan menyesuaikan sistem penyulingan, penentuan tekanan untuk boiler yaitu 2,4 – 3,4 bar, penambahan pemisahan dan air dengan gayung dan penampungan minyak di decanter.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2013/127/051309068
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 25 Oct 2013 09:13
Last Modified: 21 Oct 2021 08:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/149232
[thumbnail of DAFTAR_ISI_A5.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI_A5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar_pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of summary.pdf]
Preview
Text
summary.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of ringkasan.pdf]
Preview
Text
ringkasan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I_Pendahuluan.pdf]
Preview
Text
BAB_I_Pendahuluan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab_V_kesimpulan.pdf]
Preview
Text
bab_V_kesimpulan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab_IV_hasil_dan_pembahasan.pdf]
Preview
Text
bab_IV_hasil_dan_pembahasan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab_II_tinjauan_pustaka.pdf]
Preview
Text
bab_II_tinjauan_pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab_III_metode_penelitian.pdf]
Preview
Text
bab_III_metode_penelitian.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item