Implementasi Metode Reference Broadcast Time Synchronization Dan Time Division Multiple Access Pada Wireless Sensor Network

Darmawan, AuliaArif (2016) Implementasi Metode Reference Broadcast Time Synchronization Dan Time Division Multiple Access Pada Wireless Sensor Network. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Berbagai macam teknologi telah di kembangkan untuk membantu manusia dalam memperoleh informasi. Salah satunya adalah Wireless Sensor Network (WSN). WSN merupakan jaringan nirkabel yang terdiri dari beberapa node yang terhubung. Node pada WSN merupakan perangkat yang berukuran kecil memiliki sumber daya berupa baterai dan memiliki kemampuan untuk memantau, mendeteksi, memberi informasi serta berkomunikasi antar node lain. Teknologi ini banyak diterapkan pada bidang yang membutuhkan pengawasan dan pengumpulan data. Namun masalah utama dalam teknologi ini adalah pengumpulan data. Pada WSN setiap node berkomunikasi menggunakan frekuensi yang setara/sama dan memiliki waktu lokal yang berbeda, hal ini memungkinan adanya node yang mengirimkan data pada waktu yang bersamaan. Akibatnya adalah adanya tabrakan data yang membuat data tidak dapat diterima oleh node lain. Cara untuk mengatasi hal ini yaitu dengan menerapkan metode Time Division Multiple Access (TDMA). Metode TDMA mampu memberikan jadwal pengiriman data pada tiap-tiap node. Sehingga nantinya tidak ada node yang mengirimkan data pada waktu yang bersamaan. Namun untuk dapat menerapkan metode tersebut tiap node harus memiliki waktu yang setara/sama. Salah satu metode yang mampu memberikan penyetaraan waktu adalah metode Reference Broadcast Synchronization (RBS). Metode ini mensinkronisasikan beberapa node yang memiliki waktu lokal yang berbeda (receiver) dengan bantuan node yang memberikan tanda sinkronisasi (beacon). Hasilnya, setiap node dalam WSN mampu mengirimkan data sesuai dengan metode TDMA yang telah diimplementasikan. Selain itu sinkronisasi waktu yang dilakukan dengan menggunakan metode RBS memberikan waktu yang setara dengan ketelitian hingga satuan microsecond. Hal ini tentunya menjadikan node dalam WSN mampu memberikan informasi yang akurat dengan jaminan tidak adanya data yang error karena tabrakan data.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2016/243/051604119
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 15 Aug 2016 09:56
Last Modified: 21 Oct 2021 07:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/146786
[thumbnail of 125150301111018_Aulia_Arif_Darmawan_Laporan.pdf]
Preview
Text
125150301111018_Aulia_Arif_Darmawan_Laporan.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item