Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Starting Line Up Pemain Dalam Cabang Olahraga Futsal Dengan Menggunakan Metode Weighted Product - TOPSIS.

Neswara, Ganda (2015) Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Starting Line Up Pemain Dalam Cabang Olahraga Futsal Dengan Menggunakan Metode Weighted Product - TOPSIS. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Futsal merupakan salah satu dari cabang olahraga yang paling populer di Indonesia. Saat ini olahraga futsal berkembang sangat pesat sehingga banyak klub-klub yang baru berdiri untuk menjadi tim yang terbaik. Pemilihan starting line up sangat penting bagi sebuah tim untuk menentukan gaya bermain dari tim tersebut. Penentuan starting line up yang dilakukan pelatih futsal tim Hefotris saat ini masih kurang optimal dan tidak efektif dan efisien karena masih menggunakan konsep subjektifitas. Selain itu banyaknya pemain dan meratanya kemampuan setiap pemain juga membuat tim pelatih mengalami kesulitan dalam menentukan starting line up. Sistem pendukung keputusan sebagai alat bantu untuk melakukan penentuan starting line up sehingga mempermudah pelatih dalam proses penentuan starting line up. Sistem yang digunakan untuk penentuan starting line up futsal menerapkan metode Weighted Product (WP) yang digunakan untuk pembobotan tiap kriteria dan Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) yang digunakan untuk perankingan alternatif pemain dan selanjutnya digunakan untuk menentukan starting line up. Hasil pengujian fungsional yang didapat adalah 100%, sedangkan untuk pengujian akurasi didapatkan tingkat akurasi 92.273%. Dapat disimpulkan bahwa sistem telah berjalan dengan baik dan metode WP-TOPSIS dapat diterima untuk digunakan dalam pemilihan line up tim futsal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2015/214/051505107
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Komputer
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Aug 2015 15:42
Last Modified: 20 Oct 2021 12:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/146258
[thumbnail of Laporan.pdf]
Preview
Text
Laporan.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item