Aplikasi Logika Fuzzy untuk Pengontrolan Suhu pada Pengeringan Biji Kakao

Habibi, WahyuGusti (2017) Aplikasi Logika Fuzzy untuk Pengontrolan Suhu pada Pengeringan Biji Kakao. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Semakin berkembangnya teknologi saat ini memberikan dampak positif pada perkembangan dunia elektronik khususnya di bidang sistem kontrol. Pada saat ini banyak teknologi yang telah menggunakan alat otomatisasi kontrol. Hal tersebut disebabkan oleh keinginan manusia untuk memenuhi kebutuhan dan mendapatkan fasilitas kemudahan dan efisiensi dalam berbagai macam hal. Kakao merupakan salah satu hasil komoditi perkebunan yang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi di antara tanaman perkebunan lainnya dan berperan penting sebagai sumber devisa negara. Kakao tidak hanya berperan penting sebagai sumber devisa melainkan juga merupakan sumber penghasilan bagi tidak kurang dari satu setengah juta jiwa petani kakao di Indonesia. Berdasarkan permasalahan cuaca yang seringkali timbul pada proses pengeringan biji kakao di indonesia, maka penulis merancang sebuah alat pengering biji kakao yang dapat dikontrol untuk mempertahakan suhu pengeringan secara otomatis, sehingga proses pengeringan tidak terkendala oleh kondisi cuaca yang terjadi. Sistem pengendalian suhu pada alat pengering biji kakao menggunakan metode kontrol logika fuzzy yang dapat melakukan proses pengeringan selama 10 jam dengan set point suhu sebesar 600C. Proses perancangan kontrol logika fuzzy pada penelitian ini menggunakan 5 Membership Function (MF) dengan metode Inferensi MAX-MIN Composition dan metode Defuzzifikasi Center of Gravity (COG). Pada proses pengendalian, didapatkan settling time (ts) sebesar 30 menit dengan nilai steady state60 °C, Error steady state yang dihasilkan sebesar 0.35%. Proses pengujian pada sistem dilakukan selama 10 jam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2017/180/051701334
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 17 Feb 2017 09:00
Last Modified: 23 Oct 2021 08:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/145390
[thumbnail of sempro.pdf]
Preview
Text
sempro.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of jurnal.pdf]
Preview
Text
jurnal.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi.pdf]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item