Perancangan Aplikasi Pembelajaran Knowledge untuk Anak Usia Dini Berbasis RFID,

Baskoro, ArioDanang (2016) Perancangan Aplikasi Pembelajaran Knowledge untuk Anak Usia Dini Berbasis RFID,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tahun-tahun pertama kehidupan anak merupakan masa-masa yang sangat baik untuk suatu formasi atau pembentukan bagi anak, khususnya pada usia 2 hingga 7 tahun, manusia kecil mencoba memulai menghadirkan dunia sekitarnya dalam kata-kata dan gambar, sehingga gambar atau tokoh kemudian menjadi stimulus atau pendorong bagi mereka dalam perkembangan kognitifnya. Hal ini memungkinkan dibuatnya suatu alat bantu edukatif untuk mengasah kemampuan anak-anak yang dapat membantu mengembangkan kemampuan dasar yang meliputi kemampuan kognitif khususnya untuk pendidikan anak usia dini. Perkembangan teknologi sendiri telah sampai pada identifikasi frekuensi radio. Radio frequency Identification (RFID) merupakan sistem identifikasi tanpa kabel yang memungkinkan pengambilan data tanpa kontak langsung. Pada penelitian ini dilakukan desain dan implementasi RFID. Sistem menggunakan modul RFID MFRC522 sebagai sensor utama untuk pendeteksian gambar yang memiliki frekuensi 13,56 MHz dan sesuai dengan frekuensi card tag. Mikrokontroler ATMega16 digunakan sebagai alat pemroses utama. Modul TDB380 mp3 player serta LCD karakter 16x4 digunakan sebagai media informasi audio dan visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan alat berjalan sesuai dengan tujuannya. RFID reader hanya dapat memproses card tag yang kode heksadesimal-nya sudah disimpan dalam database mikrokontroler. Jarak pembacaan card tag yang efektif di bawah 3 cm dengan ketepatan pembacaan sebesar 100%. Reader tidak dapat mendeteksi card tag yang terhalang oleh logam. Reader tidak dapat mendeteksi card tag dengan tepat jika reader diposisikan pada lebih dari satu card tag yang berdekatan pada jarak kurang dari 3 cm. Keluaran audio berupa suara melalui modul pembangkit suara dan keluaran visual berupa tampilan melalui LCD display bisa bekerja dengan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2016/930/051609976
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Oct 2016 15:49
Last Modified: 22 Oct 2021 07:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/145215
[thumbnail of JURNAL.pdf]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of MAKALAH_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
MAKALAH_SKRIPSI.pdf

Download (12MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item