Pengaruh Compressor wash Terhadap Turbine Gas Temperature Margin dan N3 Margin Pada Engine Rolls-Royce Trent 700.

Abubakar (2016) Pengaruh Compressor wash Terhadap Turbine Gas Temperature Margin dan N3 Margin Pada Engine Rolls-Royce Trent 700. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Seiring berkembang pesatnya industri penerbangan membuat banyak perusahaan penerbangan menambah jumlah armada pesawat udaranya guna memenuhi kebutuhan konsumen untuk bepergian baik ke dalam dan luar negeri. Dan ditengah pesatnya pertumbuhan jumlah armada pesawat ini terjadi juga peningkatan harga bahan bakar global yang mengakibatkan pabrikan mesin pesawat berlomba-lomba untuk membuat mesin yang awet dan efisien dalam penggunaan bahan bakar. Untuk menjaga mesin tetap awet dan efisien maka diperlukan perawatan untuk menjaga performa mesin turbin gas. Faktor yang paling signifikan dalam deteriorasi turbin gas adalah bagian kompresor yang kotor akibat kontaminan yang masuk dan mengendap. Efek dari kontaminan yang masuk dan mengendap ini adalah menurunnya airflow, pressure ratio dan efisiensi kompresor, sehingga terjadi penurunan performa yang mengakibatkan mesin harus berputar lebih kencang dan menggunakan bahan bakar lebih banyak untuk menghasilkan tenaga yang dibutuhkan. Solusi dari kotornya compressor karena kontaminan ini yakni dengan dilakukannya compressor wash yang berfungsi untuk membersihkan kontaminan dan mengembalikan performa mesin yang hilang karena pengaruh kontaminan tersebut. Terlihat bahwa setelah dilakukan compressor wash terjadi perbaikan performa yang ditandai dengan naiknya kembali TGT dan N3 Margin yang sempat menurun karena terkontaminasi oleh kontaminan. Dan dapat diketahui juga bahwa waktu compressor wash yang terbaik adalah pada rentang waktu 300 cycle dikarenakan pada waktu ini mesin sudah mulai melewati batas N3 margin yang ditentukan pabrikan mesin. Sehingga untuk menjaga performa mesin perlu dijaga agar mesin tidak sampai marginnya mendekati 0 agar dapat mencapai efisiensi dan usia pakai mesin yang maksimal..

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2016/898/051609946
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 24 Oct 2016 09:14
Last Modified: 22 Oct 2021 06:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/145178
[thumbnail of skripsi_lengkap.pdf]
Preview
Text
skripsi_lengkap.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item