Teknik Otomasi Motor Konveyor Belt Menggunakan Module Digital Pada Piranti DCS Centum VP.

Arista, DennisHimawan (2016) Teknik Otomasi Motor Konveyor Belt Menggunakan Module Digital Pada Piranti DCS Centum VP. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Teknologi pemindahan barang memegang peranan yang penting dalam proses di industri. Pemindahan barang bertujuan untuk memindahkan barang dari suatu proses menuju proses yang lain. Salah satu contoh alat yang berfungsi untuk memindahkan barang adalah konveyor. Konveyor banyak digunakan di industri karena dapat memindahkan barang dalam jumlah yang banyak dan berkelanjutan, karena itu konveyor mempunyai nilai yang lebih ekonomis dibandingkan alat pemindah barang yang lain. Perubahan kecepatan motor untuk menggerakkan konveyor secara otomatis perlu dilakukan agar dapat meningkatkan proses produksi untuk memenuhi jumlah target produksi yang ditentukan oleh perusahaan. Saat tidak ada suatu proses yang dilakukan dalam jalur konveyor dibutuhkan kecepatan yang cepat agar dapat menghemat waktu namun, pada saat memasuki suatu proses dibutuhkan kecepatan yang lambat agar proses tersebut dapat berjalan dengan baik. Pengontrolan kecepatan untuk merubah kecepatan secara otomatis dilakukan oleh Distributed Control System (DCS) Yokogawa Centum VP yang ada pada laboratorium sistem kontrol Teknik Elektro Universitas Brawijaya. Metode pengontrolan yang digunakan untuk merubah kecepatan secara otomatis yaitu dengan metode pengontrolan on-off yang dilakukan oleh DCS Yokogawa Centum VP.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2016/863/051609677
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 27 Oct 2016 09:22
Last Modified: 22 Oct 2021 05:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/145139
[thumbnail of datasheet_dcs.pdf]
Preview
Text
datasheet_dcs.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of skripsi.pdf]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of jurnal.pdf]
Preview
Text
jurnal.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of datasheet_relay_omron.pdf]
Preview
Text
datasheet_relay_omron.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item