Fauzi, Ridwan (2016) Analisis Penyerapan Energi dan Pola Deformasi Crash Box Persegi Dengan Variasi Ketebalan dan Dinding Bergelombang Pada Uji Simulasi Tabrakan Arah Frontal,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dalam perkembangan teknologi saat ini, alat transportasi sangat diperlukan dikarenakan semakin meningkatnya kebutuhan akan kendaraan untuk menunjang mobilitas masyarakat. Peningkatan jumlah kendaraan ternyata juga diiringi oleh meningkatnya jumlah kecelakaan lalu lintas. Pada tahun 2014 data Korlantas Polri mencatat jumlah kecelakaan sebanyak 85.765 kasus dengan jumlah korban meninggal mencapai 26.623 jiwa. Meninjau hal tersebut, standar keselamatan kendaraan yang lebih baik sangat dibutuhkan. Crash box merupakan sistem keamanan pasif (passive safety system) yang digunakan untuk mengurangi dampak kecelakaan yang dialami penumpang atau bagian kendaraan yang vital seperti mesin akibat frontal crash. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis energi penyerapan yang terjadi pada crash box. Crash box didesain dengan dinding bergelombang dengan bentuk lekukan radius, persegi, dan sudut dengan harapan crash box membentuk axial mode yang dapat meningkatkan energi penyerapan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah simulasi komputer menggunakan software ANSYS 14.5 Workbench yang berbasis metode elemen hingga. Varibel bebas dari penelitian ini adalah dinding bergelombang dengan model lekukan radius, persegi, dan sudut dengan ketebalan 1,5 mm, 2 mm, dan 2,5 mm sehingga terdapat 9 model. Berdasarkan hasil pemodelan, diperoleh pola deformasi dengan axial mode tipe concertina pada semua model. Energi penyerapan paling tinggi terdapat pada model ke-6 dengan nilai sebesar 13.932,46 J dan paling rendah terdapat pada model ke-7 dengan nilai sebesar 4.661,28 J.
English Abstract
In the current technological developments, transportation is very important because of the increasing requirement for mobility support. The number of vehicles have been increased, and in other side, number of traffic accidents is also increase. In 2014 the Korlantas Police noted that number of accidents is 85.765 cases with the number of dead reached 26.623 victim. Crash box as passive safety is used to reduce the effect of accidents on passenger or vehicle and vital component such as machine due to frontal crash. The objective of this study is determined the energy absorption on crash box. Crash box is designed with corrugated walls with curvature radius shape, square, and the angle to enhance energy absorption performance due to deformation mode is produced as axial mode. The method used in this research is a computer simulation using ANSYS 14.5 Workbench based finite element method. The parameter design of this research is a corrugated wall with the model curvature radius, square, and a corner with a thickness of 1.5 mm, 2 mm, and 2.5 mm therefore 9 models is built. Based on modeling results, axial deformation pattern is concertina-type mode on all models. Energy absorption is highest on the model number 6 with a value of 13932.46 J and the lowest is occurred on the model number 7 with a value of 4661.28 J
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2016/798/051609612 |
Uncontrolled Keywords: | Pola Deformasi, Energi Penyerapan, dinding bergelombang, ketebalan,-Deformation Pattern, Energy Absorption, corrugated, thickness |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 28 Oct 2016 09:56 |
Last Modified: | 26 Nov 2021 02:52 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/145062 |
Preview |
Text
BAB_III.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_V.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
COVER_.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
daftar_pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
LEMBAR_ORISINALITAS_dan_SK.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_IV.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
Lembar_Peruntukan.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
pengantar-daftar.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
bab_I.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_II.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |