Fasilitas Rumah Bina Diri Pada Slb Pembina Tingkat Nasional Bagian C, Lawang-Malang

Dianti, FaniArif (2016) Fasilitas Rumah Bina Diri Pada Slb Pembina Tingkat Nasional Bagian C, Lawang-Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Anak tunagrahita merupakan salah satu anak dengan kekurangan kemampuan dalam hal kecerdasannya atau memiliki IQ yang dibawah rata-rata anak pada umumnya. Kondisi anak seperti ini tidak dapat dibiarkan begitu saja karena dengan penanganan yang tepat sejak dini, anak dengan kekurangan ini dapat dilatih agar tidak ketergantungan dengan orang lain. Salah satu pembelajaran untuk anak tunagrahita yaitu dengan melatih kemandiriannya dengan pembelajaran bina diri. Bina diri merupakan usaha untuk membuat seorang individu agar dapat mandiri melakukan kegiatan kesehariannya. Fasilitas pembelajaran bina diri ini biasanya terdapat pada Sekolah Luar Biasa untuk menunjang kemampuan kemandirian siswa berkebutuhan khusus. Salah satu sekolah yang menyediakan fasilitas bina diri yaitu Sekolah Luar Biasa Pembina Tingkat Nasional Bagian C, Lawang-Malang yang juga sebagai sekolah percontohan di Jawa Timur. Sekolah ini memiliki fasilitas pembelajaran bina diri beserta ruangannya, namun ruang bina diri ini tidak digunakan dengan optimal karena kondisi yang kurang terawat sehingga hanya difungsikan sebagai tempat penyimpanan barang-barang bina diri. Sehingga sekolah mengusulkan rencana pembangunan fasilitas pembelajaran yang lebih baik berupa rumah. Fasilitas rumah pembelajaran bina diri ini direncanakan juga untuk pengembangan sekolah. Metode penelitian yang digunakan untuk perancangan rumah bina diri ini yaitu dengan pengamatan terhadap perilaku, aktivitas dan kriteria anak tunagrahita ringan dan sedang pada beberapa Sekolah Luar Biasa dan khususnya pada SLB Pembina Tingkat Nasional Bagian C, Lawang-Malang. Kemudian tahapan dari metode penelitian yaitu identifikasi masalah, perumusan ide atau gagasan, pengumpulan data, proses penelitian yaitu analisa-sintesa yang menghasilkan kriteria perancangan dan disimpulkan pada konsep perancangan. Pada proses analisis dianalisis menggunakan metode programatis dimulai dari analisa ruang berdasar perilaku, aktivitas dan kriteria anak tunagrahita ringan dan sedang dan menghasilkan kriteria desain yang disimpulkan dalam analisa perancangan ruang. Kemudian kriteria desain ruang dalam tersebut menghasilkan susunan ruang yang disusun dengan metode analogis untuk analisis bangunan. Kemudian kriteria perancangan disimpulkan dalam penjabaran konsep desain ruang dalam untuk fasilitas rumah bina diri di SLB Pembina Tingkat Nasional Bagian C, Lawang-Malang. Konsep setiap ruang pada fasilitas rumah bina diri ini sangat memperhatikan dalam hal pemfokusan dan arahan yang jelas untuk anak tunagrahita ringan dan sedang. Kemudian juga perlu diperhatikan pula aspek keamanan dan kenyamanan dalam setiap ruangannya. Sehingga perancangan fasilitas rumah bina diri untuk anak tunagrahita ringan dan sedang ini dapat digunakan dengan optimal sesuai dengan kegiatan pembelajaran bina diri dalam kompetensi pembelajaran serta sesuai dengan perilaku dan karakteristik anak tunagrahita ringan dan sedang sebagai pelaku utama.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2016/746/051608633
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 690 Construction of buildings
Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 15 Sep 2016 09:39
Last Modified: 21 Oct 2021 15:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/145003
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER_ARTIKEL_ILMIAH.pdf]
Preview
Text
COVER_ARTIKEL_ILMIAH.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN_DEPAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR_PERSETUJUAN_ARTIKEL_ILMIAH.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PERSETUJUAN_ARTIKEL_ILMIAH.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR_REVISI_PEMBIMBING.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_REVISI_PEMBIMBING.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR_REVISI_PENGUJI_1.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_REVISI_PENGUJI_1.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR_REVISI_PENGUJI_2.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_REVISI_PENGUJI_2.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of ARTIKEL_ILMIAH_FANI_ARIF_D._125060500111011[1].pdf]
Preview
Text
ARTIKEL_ILMIAH_FANI_ARIF_D._125060500111011[1].pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item