Studi Alternatif Simulasi Pola Pengoperasian PLTA dan PLTMH Bendungan Wonorejo Kabupaten Tulungagung

Rositamega, GumilangZenAzizah (2016) Studi Alternatif Simulasi Pola Pengoperasian PLTA dan PLTMH Bendungan Wonorejo Kabupaten Tulungagung. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Saat ini, di Bendungan Wonorejo terdapat dua jenis pembangkit listrik yaitu PLTA dan PLTMH, akan tetapi PLTMH yang dibangun pada tahun 2003 tersebut belum pernah dioperasikan. Pihak pengelola PLTMH Bendungan Wonorejo bermaksud untuk memanfaatkan PLTMH tersebut untuk memenuhi kebutuhan internal di Bendungan Wonorejo dan kelebihannya dapat dijual ke PLN. Dalam proses beroperasinya PLTMH tentunya akan mempengaruhi produksi energi yang dihasilkan oleh PLTA, karena debit yang sebelumnya hanya dimanfaatkan untuk pengoperasian PLTA saja nantinya akan digunakan untuk kebutuhan pengoperasian PLTMH. Oleh karena itu, diperlukan studi simulasi pola operasi untuk analisa pengoperasian PLTA dan PLTMH. Sehingga diketahui produksi energi yang dihasilkan dan pendapatan yang didapatkan dengan beroperasinya PLTA dan PLTMH tersebut. Dalam studi ini simulasi pola operasi waduk dilakukan menggunakan dua alternatif . Alternatif pertama PLTA beroperasi 10 jam dan PLTMH beroperasi 24 jam, sedangkan pada alternatif kedua PLTA beroperasi 10 jam dan PLTMH beroperasi 14 jam dimana operasi PLTMH dilakukan setelah PLTA berhenti beroperasi. Dari simulasi menggunakan dua alternatif tersebut dapat diketahui perbandingan produksi energi yang dihasilkan serta pendapatan yang didapatkan bila PLTA beroperasi tunggal dan apabila PLTA-PLTMH dioperasikan bersama. Hasil analisa menunjukkan dengan beroperasinya PLTMH, produksi energi PLTA pada alternatif pertama menurun sebesar 9% bila dibandingkan dengan produksi energi bila PLTA beroperasi tunggal, sedangkan produksi energi yang dihasilkan pada alternatif kedua menurun sebesar 8%. Akan tetapi, bila dilihat dari pendapatan yang didapatkan, dengan beroperasinya PLTMH ini akan meningkatkan pendapatan yang diterima. Karena, jika awalnya hanya menerima pemasukan dari BPJSDA PLTA dengan beroperasinya PLTMH ini pendapatan juga didapatkan dari hasil penjualan energi yang dihailkan oleh PLTMH tersebut. Pendapatan yang didapatkan dari alternatif pertama meningkat 20% jika dibandingkan jika PLTA beroperasi tunggal, sedangkan dengan menggunakan alternatif kedua pendapatn yang didapatkan meningkat 17%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2016/575/051607934
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 627 Hydraulic engineering > 627.5 Reclamations, Irrigation, related topics > 627.52 Irrigation
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pengairan
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 23 Aug 2016 09:47
Last Modified: 21 Oct 2021 04:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/144802
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf] Text
BAB_IV.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI-DLL.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI-DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
COVER_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN_dan_SUMMARY.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN_dan_SUMMARY.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item