Pengaruh Konsentrasi Minyak Hidrolisis Kemiri Sunan dan Tekanan Ruang Bakar Terhadap Karakteristik Pembakaran Droplet Minyak Diesel (Solar)

P, DeryRadityaM (2016) Pengaruh Konsentrasi Minyak Hidrolisis Kemiri Sunan dan Tekanan Ruang Bakar Terhadap Karakteristik Pembakaran Droplet Minyak Diesel (Solar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Minyak nabati merupakan bahan bakar yang dapat diperbarui. Minyak nabati didapatkan dari berbagai tanaman seperti : jarak pagar, nyamplung, kelapa sawit, biji bunga matahari dan kemiri sunan. Kemiri sunan memiliki potensi untuk dijadikan bahan bakar minyak nabati dikarenakan kemiri sunan memiliki rendemen minyak kasar yang lebih besar dibandingkan tanaman jarak pagar dan merupakan tanaman non pangan. Namun penggunaan minyak nabati tidak dapat langsung diterapkan pada mesin diesel dikarenakan viskositas yang tinggi. Selain itu kandungan gliserol dapat mengganggu proses pengkabutan pada injektor mesin diesel karena dapat terjadi penyumbatan. Sehingga gliserol pada minyak nabati perlu dipisah dengan menggunakan proses hidrolisis. Minyak hasil proses hidrolisis masih memiliki viskositas yang tinggi sehingga perlu dicampur dengan solar agar dapat langsung diterapkan pada mesin diesel. Pada penelitian ini dilakukan pengujian mengenai pengaruh konsentrasi minyak hidrolisis kemiri sunan dan tekanan dalam ruang bakar terhadap karakteristik pembakaran droplet solar. Penambahan minyak hidrolisis kemiri sunan pada solar dilakukan dengan berbagai konsentrasi campuran yaitu 0%, 25%, 50%, 75%, dan 100% berdasarkan persentase volume. Sedangkan variasi tekanan yang digunakan yaitu 0 bar, 2 bar, dan 4 bar. Daya elemen pemanas (Heater) yang digunakan sebesar 100 Watt dan suhu ruang uji bakar dijaga sekitar 25-30 °C. Hasil pada penelitian ini yaitu: penambahan minyak hidrolisis minyak kemiri sunan akan meningkatkan karakteristik pembakaran berupa temperatur maksimal, ignition delay, tinggi api dan lebar api namun akan menurunkan karakteristik pembakaran yang berupa burning rate. Sedangkan pada variasi tekanan ruang bakar juga dapat meningkatkan karakteristik pembakaran yang berupa temperatur maksimal dan burning rate. Namun akan menurunkan karakteristik pembakaran yang berupa ignition delay, tinggi api dan lebar api. Selain itu campuran minyak hidrolisis minyak kemiri sunan dengan minyak solar dapat menimbulkan ledakan kecil yang disebut microexplosion.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2016/568/051607927
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 23 Aug 2016 08:32
Last Modified: 21 Oct 2021 03:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/144793
[thumbnail of BAB_III_DERY.pdf]
Preview
Text
BAB_III_DERY.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI_+_dll_DERY.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI_+_dll_DERY.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA_DERY.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA_DERY.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV_DERY.pdf]
Preview
Text
BAB_IV_DERY.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V_DERY.pdf]
Preview
Text
BAB_V_DERY.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of JURNAL_DERY.pdf]
Preview
Text
JURNAL_DERY.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN_DERY.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN_DERY.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I_DERY.pdf]
Preview
Text
BAB_I_DERY.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II_DERY.pdf]
Preview
Text
BAB_II_DERY.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of JUDUL_SKRIPSI_DERY.pdf]
Preview
Text
JUDUL_SKRIPSI_DERY.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item