Analisis dan Evaluasi Sisa Material Konstruksi Menggunakan Metode Pareto dan Fishbone Diagram (Studi Kasus pada Proyek Pembangunan Gedung Pascasarjana Universitas Islam Malang)

Aulia, NovindaAnnisa (2016) Analisis dan Evaluasi Sisa Material Konstruksi Menggunakan Metode Pareto dan Fishbone Diagram (Studi Kasus pada Proyek Pembangunan Gedung Pascasarjana Universitas Islam Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang volume, biaya, dan faktor penyebab timbulnya sisa material konstruksi yang terjadi pada Proyek Pembangunan Gedung Pascasarjana Universitas Islam Malang.Sisa material konstruksi merupakan bagian material yang tidak menjadi komponen dari bangunan karena tidak terpakai dalam pelaksanaan konstruksi. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Metode Pareto yakni untuk menentukan jenis-jenis material yang dominan menjadi sisa materialdan Metode Fishbone Diagram untuk menganalisis faktor-faktor penyebab terjadinya sisa material. Langkah awal yang dilakukan dalam penelitian ini yakni mengidentifikasi material apa saja yang berpotensi menjadi sisa material. Kemudian mengidentifikasi faktor-faktor penyebabnya menggunakan Fishbone Diagram. Untuk mengetahui jenis –jenis material yang memiliki sisa material dominan, langkah pertama yang dilakukan yakni menghitung volume kebutuhan/ terpasang pada material yang berpotensi memiliki sisa dominan berdasarkan as built drawing dan menghitung volume pembelian berdasarkan laporan harian/ mingguan. Selanjutnya menghitung volume dan biaya sisa pada tiap jenis material. Langkah yang terakhir menentukan jenis material apa saja yang dominan menjadi sisa material berdasarkan analisis Pareto. Hasil dari penelitian ini adalah jenis-jenis material yang dominan menjadi sisa antara lain tiang pancang, tulangan D22, dan tulangan D16. Total biaya sisa dari ketiga jenis material tersebut adalah sebesar Rp 108.303.861,00. Pada tiang pancang, sisa yang timbul disebabkan oleh kondisi tiang pancang yang diterima kurang baik, hal ini bisa terjadi karena proses loading unloading yang kurang hati-hati atau kualitas beton pancang kurang baik karena belum mencapai usia beton. Selain itu, tidak semua bagian tiang pancang masuk ke dalam tanah karena kondisi pada tiap titik pancang berbeda-beda. Adanya kerusakan pada tiang pancang akibat implementasi yang kurang baik di lapangan juga menjadi faktor penyebab timbulnya sisa. Untuk besi tulangan, sisa material yang timbul merupakan hasil sisa dari proses pemotongan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2016/541/051607487
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 23 Aug 2016 08:52
Last Modified: 22 Oct 2021 05:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/144763
[thumbnail of SKRIPSI_NOVINDA_ANNISA_AULIA.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_NOVINDA_ANNISA_AULIA.pdf

Download (17MB) | Preview
[thumbnail of Naskah_Publikasi_Novinda_Annisa_Aulia.pdf]
Preview
Text
Naskah_Publikasi_Novinda_Annisa_Aulia.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item