Perancangan dan Pembuatan Kontrol Logika Fuzzy untuk Pengendalian Putaran Engine Berdasarkan Posisi Throttle”

Lesmana, Ganda (2016) Perancangan dan Pembuatan Kontrol Logika Fuzzy untuk Pengendalian Putaran Engine Berdasarkan Posisi Throttle”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi suplai bahan bakar pada mesin sepeda motor telah mengalami kemajuan sangat pesat. Kini, sistem karburator telah digantikan dengan sistem injeksi agar perhitungan jumlah bahan bakar yang disemprotkan ke dalam mesin menjadi presisi. Salah satu permasalahan dalam teknologi otomotif khususnya dalam Engine Control Unit adalah hal tersebut masih menjadi rahasia dari produsen. Sehingga untuk mengatur putaran engine masih cukup sulit karena durasi injektor telah di setting oleh produsen. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan sepeda motor vario 110 FI sebagai plant penelitian dengan Kontrol Logika Fuzzy (KLF) sebagai sistem kontrol. Dalam penelitian ini KLF menggunakan 3 membership function untuk masukan error dan referensi kecepatan serta keluaran lebar pulsa injeksi, metode inferensi Max-Min, dan metode defuzzifikasi Center of Area (COA). Hasil penelitian pada posisi throttle 0% menunjukkan setpoint kecepatan putaran engine 1500 rpm dengan error steady state sebesar 1,08%, dan pada posisi throttle 5% didapatkan setpoint kecepatan putaran engine 2000 rpm dengan error steady state 0,29%. Dari hasil variasi dua posisi throttle tersebut, maka bisa disimpulkan bahwa Kontrol Logika Fuzzy dapat menjaga kecepatan putaran engine sama dengan setpoint.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2016/239/051601948
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 28 Mar 2016 08:42
Last Modified: 22 Oct 2021 02:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/144414
[thumbnail of skripsi_full.pdf]
Preview
Text
skripsi_full.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item