Fahmi, Ahmad (2016) Kajian Kinerja Operasional Angkutan Umum Pada Trayek Malang - Lumajang,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Transportasi menjadi kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari pada zaman ini, tranportasi digunakan untuk menunjang segala aspek kehidupan sehari-hari manusia mulai dari kegiatan ekonomi, sosial budaya, dan kegiatan-kegiatan lainnya. Kondisi dari angkutan yang beroperasi saat ini masih kurang layak untuk melayani para pengguna jasa angkutan umum, karena angkutan yang beroperasi saat ini termasuk angkutan lama yang masih beroperasi hingga saat ini. Penumpang angkutan umum juga mulai beralih menggunakan kendaraan pribadi untuk melakukan aktifitas sehari-hari, karena angkutan pribadi dinilai lebih cepat dan efisien dalam menunjang aktifitas sehari-hari. Dari hal tersebut perlu dilakukan kajian mengenai kinerja operasional dari angkutan umum untuk mengetahui kinerja operasional pada saat ini agar kinerja operasional angkutan umum bisa ditingkatkan. Pada kajian ini akan dibahas mengenai kinerja operasional angkutan umum yang beroperasi pada bus Malang – Dampit, bus Malang – Lumajang dan MPU Malang – Dampit. Untuk survei asal tujuan pada kajian ini ada 278 responden untuk bus Malang-Dampit, 182 responden untukbus Maang-Lumajang, dan 78 responden untuk MPU Malang-Dampit yang didapat dari rumus slovin, dan dalam pengambilan sampel menggunakan metode Random Sampling. Dalam kajian yang akan dilakukan digunakan dua metode survei, yaitu survei statis dan survei dinamis untuk mendapatkan data kinerja operasional kendaraan dimana dilakukan pada hari kerja (weekday) dan pada hari libur (weekend). Untuk survei biaya operasional kendaraan (BOK) pengkaji melakukan dua cara, yaitu dengan wawancara pengemudi angkutan umum dan mendatangi kantor setiap penyedia jasa angkutan umum, agar mendapatkan besar biaya yang dikeluarkan penyedia jasa untuk memberikan pelayanan yang maksimal pada pengguna jasa angkutan umum. Kinerja operasional yang ada dari segi faktor muat, waktu antara, dan waktu perjalanan. Dimana untuk faktor muat yang terjadi dibawah standar ideal 70%, sedangkan untuk waktu antara dan waktu perjalanan sesuai dengan standar. Dari hasil faktor muat yang kurang dari standar hal ini berkaitan dengan kebutuhan armada, sehingga kebutuhan armada yang didapat dari hasil analisa berkurang dari armada yang semula. Dan direncanakannya jadwal keberangkatan dari kebutuhan armada yang didapat, agar angkutan umum yang beroperasi bisa berangkat sesuai dengan jadwal. Dari segi biaya operasional kendaraan didapatkan biaya operasional kendaraan berbeda – beda sesuai dengan km tempuh angkutan yang beroperasi untuk Bus Malang-Dampit BOK / bus adalah Rp. 2.816,34 / km , Bus Malang – Lumajang BOK / bus adalah Rp. 2.642,58 /km, dan untuk MPU Malang – Dampit BOK / MPU adalah Rp. 1.670,22 /km.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2016/192/051601900 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 22 Mar 2016 11:36 |
Last Modified: | 13 Jan 2022 05:37 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/144359 |
Preview |
Text
BAB_I.pdf Download (275kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_II.pdf Download (388kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_III.pdf Download (508kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_IV.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_V.pdf Download (194kB) | Preview |
Preview |
Text
cover_dll.pdf Download (295kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_LAMPIRAN.pdf Download (98kB) | Preview |
Preview |
Text
KATA_PENGANTARdan_daftar_daftar.pdf Download (297kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (150kB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |