Studi Eksperimental Pengaruh Perkuatan Sambungan pada Struktur Jembatan Rangka Canai Dingin terhadap Lendutan

AdangPerkasa, Erlangga (2016) Studi Eksperimental Pengaruh Perkuatan Sambungan pada Struktur Jembatan Rangka Canai Dingin terhadap Lendutan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Seiring dengan berkembangnya teknologi, ditemukan bahan yang mampu menyaingi jembatan rangka baja, yaitu baja ringan canai dingin (Cold Formed). Bahan ini memiliki kuat tarik yang tinggi, kuat, serta mudah dibentuk. Pada penelitian ini dilakukan pengujian kuat tarik baja canai dingin dan lendutan. Model struktur jembatan ini dibuat dengan dua dimensi tanpa pelat lantai. Model yang dibuat yaitu panjang 400 cm dan tinggi 60 cm dengan tiga jenis perlakukan yang berbeda pada perkuatan sambunganya. Model 1 tanpa perkuatan sambungan, model 2 dengan perkuatan sambungan 50 cm tiap joint, dan model 3 dengan perkuatan sambungan 70 cm tiap joint. Profil baja canai dingin yang digunakan adalah 80 x 35 x 0,75 mm. Hasil pengujian kuat tarik baja canai dingin yang kita gunakan dengan lima benda uji didapatkan rata-rata tegangan ultimit (fu) 503,332 N/mm2. Dari grafik hasil pengujian posisi fy tidak bisa ditemukan. Menurut Salmon dan Johnson, baja dengan fu lebih besar dari 450 MPa merupakan baja mutu tinggi yang nilai fu dan fy sama. Hal ini selaras dengan yang dituliskan pada SNI 7971-2013 bahwa nilai fy dan fu sama. Berdasarkan uraian tersebut dianggap nilai fy dan fu pada kelima benda uji adalah sama. Pengujian lendutan dilakukan pada ketiga model untuk mendapatkan beban maksium dan lendutan maksimum. Model 1 didapatkan beban maksimum 709 kg dan lendutan maksimum 19,41 mm. Model 2 didapatkan beban maksimum 874 kg dan lendutan maksimum 26,61 mm. Sedangkan model 3 didapatkan beban maksimum 748 kg dan lendutan maksimum 18,93 mm. Namun dari grafik perbandingan ketiga model didapatkan bahwa model 3 tidak bisa dianalisis lebih lanjut karena kemungkinan terjadi kesalahan prosedur pengujian. Setelah dianalisis lebih lanjut model 2 mengalami peningkatan kekuatan yang signifikan dibandingkan model 1. Jika ditinjau pada beban yang sama pengurangan lendutan yang didapatkan 10,5 % sedangkan jika ditinjau pada lendutan yang sama peningkatan kekuatan yang didapatkan 15%.

English Abstract

Along with the technology development, found material that capable to compete against steel, which is cold form steel. This material has high tensile strength, strong and easy to shape. In this research, testing the tensile strength cold formed steel and deflection. The model structure of the bridge is made in two dimensions without the floor plate. Models is created in 400 cm long and 60 cm high with three kinds of different treatment on the strengthened connection. Model 1 without strengthened connection, model 2 with the strengthened of 50 cm each joint, and model 3 with the strengthened 70 cm each joint. Cold formed steel profiles used are 80 x 35 x 0.75 mm. The esults of testing the tensile strength cold rolled steel that we use to five specimen obtained an average ultimate stress (fu) 503.332 N / mm2. From the graph of test results fy position could not be found. According to Salmon and Johnson, steel with fu greater than 450 MPa is a high-quality steel grades fy and fu is same. This is in accordance with SNI 7971-2013 written on that value fy and fu same. Based on these descriptions is considered the value of fy and fu in the five test object is the same. The test that have done on three model to obtain maximum load and maximum delection. Model 1 obtained a maximum load of 709 kg and a maximum deflection of 19.41 mm. Model 2 obtained a maximum load of 874 kg and a maximum deflection of 26.61 mm. While the model 3 obtained a maximum load of 748 kg and a maximum deflection of 18.93 mm. But according the three comparison chart shows that the model 3 can not analyzed further due to the possibility of error testing procedures. After further analysis of model 2 significantly increased strength compared with the model 1. If viewed in the same load deflection reduction gained 10.5%, while if it is viewed in the same deflection increased strength gained 15%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2016/1090/051700157
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 25 Jan 2017 09:50
Last Modified: 22 Oct 2021 00:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/144242
[thumbnail of SKRIPSI_ERLANGGA_ADANG_P-_125060101111002.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_ERLANGGA_ADANG_P-_125060101111002.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of JURNAL.pdf]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1.SAMPUL_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
1.SAMPUL_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item