Pengaruh Variasi Ron Bahan Bakar Terhadap Unjuk Kerja Motor 6 Langkah Menggunakan Cdi

Kristyawan, Yossi (2016) Pengaruh Variasi Ron Bahan Bakar Terhadap Unjuk Kerja Motor 6 Langkah Menggunakan Cdi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Motor bakar 6 langkah adalah salah satu inovasi terbaru dalam industri otomotif khususnya pada mesin pembakaran dalam yang diciptakan oleh Eko Siswanto. Motor bakar 6 langkah ini menggunakan metode yang berbasis penambahan durasi difusi massa pada setiap langkah kerjanya. Dalam penelitian dilakukan pengujian untuk mengetahui pengaruh variasi RON (Research Octane Number) bahan bakar terhadap unjuk kerja motor bakar 6 langkah menggunakan CDI (Capacitor Discharge Ignition). Variasi yang digunakan dalam pengujian ini adalah bahan bakar Pertalite RON 90 dan Pertamax Plus RON 95. Dari penelitian ini didapatkan hasil berupa unjuk kerja motor bakar 6 langkah. Pengaruh unjuk kerja yang tertinggi adalah menggunakan bahan bakar Pertamax Plus RON 95 sedangkan unjuk kerja yang terendah adalah menggunakan bahan bakar Pertalite RON 90. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi RON bahan bakar terhadap unjuk kerja motor 6 langkah menggunakan CDI meliputi torsi, daya efektif dan konsumsi bahan bakar spesifik. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimental nyata. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu variasi bahan bakar motor yang digunakan adalah Pertalite (RON 90) dan Pertamax Plus (RON 95) dan putaran poros engkol (crankshaft) dengan interval 500 rpm dimulai dari 7000 rpm – 3000 rpm.. Variabel terikatnya adalah Torsi Daya, Konsumsi Bahan Bakar Spesifik dan Beban Pengereman. Dari penelitian ini kesimpulan yang didapat dari pengaruh variasi RON bahan bakar terhadap unjuk kerja motor 6 langkah menggunakan CDI yaitu Penggunaan bahan bakar Pertamax Plus RON 95 memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap torsi motor bakar 6 langkah dibandingkan penggunaan bahan bakar Pertalite RON 90, Pertamax Plus RON 95 memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap daya efektif dibandingkan dengan bahan bakar Pertalite RON 90, Pertamax Plus RON 95 dapat menurunkan konsumsi bahan bakar dibandingkan dengan penggunaan bahan bakar Pertalite RON 90 sehingga penggunaan bahan bakarnya semakin irit.

English Abstract

Six stroke combustion engine is one of the latest innovations in the automotive industry, especially in the internal combustion engine created by Eko Siswanto. 6 stroke combustion engine using a method based on the addition of mass diffusion duration at each step works. In a study conducted testing to determine the effect of variations in RON (Research Octane Number) of fuel on the performance of the motor fuel 6 steps using CDI (Capacitor Discharge Ignition). Variations used in this test is the fuel Pertalite Pertamax Plus RON 90 and RON 95. From this study resulted in a Six stroke combustion engine performance. Influence is the highest performance fuel Pertamax Plus RON 95 while the lowest performance was fueled Pertalite RON 90. The purpose of this study was to determine the effect of variation RON fuel to motor performance 6 steps using CDI include torque, effective power and consumption specific fuel The method used is the real experimental research. The independent variables in this study is a variation of the motor fuel used is Pertalite (RON 90) and Pertamax Plus (RON 95) and the rotation of the crankshaft (crankshaft) at intervals of 500 rpm starting from 7000 rpm - 3000 rpm .. The dependent variable is the Power Torque , Specific Fuel consumption and Expenses Braking. From this research, the conclusions derived from the effect of variation RON fuel to motor performance 6 stroke engine using CDI namely fuel use Pertamax Plus RON 95 provides significant influence on the torque of the motor fuel 6 steps compared to the use of fuel Pertalite RON 90 Pertamax Plus RON 95 give a significant impact on the effective power than the fuel Pertalite RON 90, RON 95 Pertamax Plus can lower fuel consumption compared with the use of RON 90 fuel Pertalite thus more economical fuel consumption.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2016/1041/051612731
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 09 Jan 2017 14:40
Last Modified: 21 Oct 2021 21:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/144207
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of JURNAL_.pdf]
Preview
Text
JURNAL_.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of KELENGKAPAN_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
KELENGKAPAN_SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item