Analisis Thermal Noise Akibat Radiasi Gelombang Elektromagnetik pada Perangkat Telekomunikasi Wireless”

Saputra, RochmanAnandaArif (2015) Analisis Thermal Noise Akibat Radiasi Gelombang Elektromagnetik pada Perangkat Telekomunikasi Wireless”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Noise elektronik bisa terdapat di hampir semua sirkuit dan perangkat sebagai akibat dari thermal noise, yang juga dapat disebut Noise Johnson. Dalam setiap sirkuit elektronik, terdapat variasi acak dalam arus dan tegangan yang disebaban oleh gerakan acak elektron yang membawa arus karena tersentak oleh energi panas dari radiasi gelombang elektromagnetik. Semakin rendah suhu, bandwidth, dan resistansi maka semakin rendah pula thermal noise ini. Pada telekomunikasi nirkabel thermal noise pada umumnya terdeteksi pada sistem penerima (receiver). Pada penelitian ini akan dibahas bagaimana thermal noise muncul, faktor apa saja yang mempengaruhi besar thermal noise dan bagaimana radiasi gelombang elektromagnetik dapat menyebabkan thermal noise. Untuk uji secara empiris mengenai thermal noise akan digunakan USB CDMA MODEM dan Infrared Remote Control sebagai pembanding, karena kedua perangkat wireless tersebut sering dijumpai penggunaannya pada kehidupan sehari-hari. Hasil akhir dari percobaan menujukkan besar level daya thermal noise pada Modem CDMA puncaknya sebesar -106.4dBm, sedangkan pada IR Remote Control level daya thermal noise mencapai -99.8633dBm. Untuk tegangan RMS thermal noise pada modem CDMA sebesar 2.1314 μV, sedangkan pada IR Remote Control tegangan RMS thermal noise sebesar 4.545 μV.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2015/955/051601691
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 03 Mar 2016 15:14
Last Modified: 21 Oct 2021 20:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/144130
[thumbnail of BAB_1-5.pdf]
Preview
Text
BAB_1-5.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item