Pengaruh Gaya Tekan Elektroda Terhadap Kekuatan Geser Dan Posisi Nugget Terhadap Beban Maksimal Las Titik Pada Baja St37

Pramudya, EkaNovianBagus (2015) Pengaruh Gaya Tekan Elektroda Terhadap Kekuatan Geser Dan Posisi Nugget Terhadap Beban Maksimal Las Titik Pada Baja St37. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Las titik / spot welding adalah salah satu metode penyambungan logam dengan menggunakan pemanasan dan penekanan, pada permukaan plat yang disambung satu sama lain dan saat yang bersamaan arus listrik dialirkan sehingga permukaan tersebut menjadi panas dan meleleh karena adanya resistansi listrik kemudian diberi tekanan oleh elektroda. Dalam proses pengelasan ini menggunakan material baja ST37 yang divariasikan dengan gaya tekan elektroda dan pola nugget yang nantinya diuji seberapa kuat kekuatan geser yang didapatkan dan seberapa besar kekuatan beban maksimal yang di proleh disetiap posisi sambungan. Dalam penelitian ini gaya tekan elektroda yang diatur sebesar 27,48 N/mm2; 34,35 N/mm2; 41,22 N/mm2; 48,09 N/mm2 serta posisi nugget horizontal, vertikal dan diagonal Dari hasil pemgujian menunjukan bahwa gaya tekan elektroda yang semakin tinggi maka hasil tegangan geser yang didapat akan semakin besar yaitu 289,36 N/mm2 hal ini terjadi karena panas yang dihasilkan akan semakin terpusat seiring penambahan gaya tekan elektroda yang diberikan sehingga kedua logam yang disambung semakin padat dan pada posisi nugget di dapatkan hasil nilai tertinggi pada posisi nugget vertikal sebesar 5733 N karena pada posisi ini luasan pada spesimen tidak terdistribusi secara merata sehingga menghasilkan luasan penampang yang kecil dengan gaya yang besar. karena luasan penampang lainya tercover oleh luasan penampang searah gaya F sehingga gaya yang diterima pada sepesimen tidak terdistribusi secara merata dan menghasilkan beban maksimal yang tinggi untuk menggeser sambungan sampai putus.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2015/929/051600721
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 28 Jan 2016 10:11
Last Modified: 21 Oct 2021 09:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/144102
[thumbnail of bab_1.pdf]
Preview
Text
bab_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Cover_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
Cover_SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_isi.pdf]
Preview
Text
Daftar_isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of lampiran_.pdf]
Preview
Text
lampiran_.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item