Pengaruh Pemberlakuan One Way System Terhadap Pendapatan Sektor Perdagangan dan Jasa (Studi Kasus: Jalan Sumbersari, Jalan Gajayana, Jalan MT. Haryono dan Jalan Mayjen Pandjaitan Kota Malang

Nugraha, MuhammadSoni (2015) Pengaruh Pemberlakuan One Way System Terhadap Pendapatan Sektor Perdagangan dan Jasa (Studi Kasus: Jalan Sumbersari, Jalan Gajayana, Jalan MT. Haryono dan Jalan Mayjen Pandjaitan Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Meningkatnya arus lalu lintas dan akan diadakannya pembongkaran jembatan rangka baja Soekarno-Hatta, hal ini mendorong Pemerintah Kota Malang menerapkan jalan satu arah pada Jalan Sumbersari, Jalan Gajayana, Jalan MT. Haryono dan Jalan Mayjen Pandjaitan yang merupakan jalan satu arah sementara. Pada pukul 07.00-18.00 dibuat jalan satu arah kecuali khusus angkutan kota tetapi pada pukul 18.00-07.00 merupakan jalan dua arah. Kebijakan jalan satu arah sementara dimulai sejak tanggal 6 November 2013 sampai 13 Oktober 2014 dan banyak mendapatkan protes warga terkait sulitnya akses pengguna jalan dari arah Jalan Soekarno-Hatta menuju Jalan MT. Haryono yang harus memutar. Penerapan one way system juga mengakibatkan meningkatnya kecepatan kendaraan, semakin sulit pembeli untuk menyeberangi jalan dan sulitnya pengguna jalan untuk belok ke arah kanan jalan. Hal tersebut yang menyebabkan menurunnya pendapatan dan kegiatan perdagangan jasa pada jalur lingkar tersebut. Permodelan pengaruh jalan satu arah terhadap ekonomi perdagangan yang dihasilkan adalah Y = -528.690,259 + 31.327,323 (X2) + 58.940,568 (X3). Hal tersebut membuktikan bahwa faktor tertinggi secara langsung yang mempengaruhi menurunnya pendapatan pemilik perdagangan jasa ketika diberlakukannya jalan satu arah yakni jumlah pembeli (X2) dan jumlah pelanggan tetap (X3). Selain itu, setelah dilakukan validasi persamaan model diketahui sebesar 53,4% atau sebanyak 47 pemilik perdagangan jasa mengalami penurunan pandapatan ketika diberlakukannya one way system. Berdasarkan path diagram dapat diketahui pengaruh secara tidak langsung dan signifikan terhadap pendapatan pemilik perdagangan dan jasa ketika diberlakukannya one way system yaitu jumlah parkir kendaraan (X4), luas bangunan (X8) dan tingkat pelayanan jalan (X19).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2015/814/051508051
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities > 307.1 Planning and development > 307.121 6 City planning
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Oct 2015 10:41
Last Modified: 21 Oct 2021 07:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143969
[thumbnail of 001d.PERNYATAAN_ORISINALITAS.pdf]
Preview
Text
001d.PERNYATAAN_ORISINALITAS.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 002a.RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
002a.RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 002b.KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
002b.KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 002c.DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
002c.DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 001a.COVER.pdf]
Preview
Text
001a.COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 001b.LEMBAR_PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
001b.LEMBAR_PERSETUJUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 001c.LEMBAR_PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
001c.LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item