Hamdi, IrhamTantowi (2015) Rancang Bangun Three Phase Six Step PWM Inverter Sebagai Pedal Assisted System (PAS) Sepeda Listrik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Sistem transportasi merupakan suatu hal yang harus ada. Mayoritas orang di Indonesia, bersepeda hanya aktifitas sampingan yang dilakukan pada hari libur untuk bersenang-senang dan berolahraga. Namun di Cina, Jepang dan Belanda, sepeda menjadi alat transportasi alternatif untuk bekerja atau kuliah. Sepeda listrik merupakan salah satu alternatif karena tidak ada emisi gas buang. Sepeda listrik konvensional menggunakan metode twist and go. Sistem ini terdiri dari dua mode penggunaan yakni mode kayuhan/manual dan mode otomatis. Ketika mode manual, pengendara harus mengayuh sepedanya. Sedangkan apabila mengunakan sistem otomatis, maka daya tahan baterai akan cepat habis. Dengan perkembangan elektronika daya, teknologi Pedal Assisted System (PAS) muncul untuk meningkatkan efisiensi penggunaan baterai sepeda listrik. Tujuan akhir dalam penelitian ini adalah mengimplementasikan inverter tiga fasa metode six step pulse sebagai pengendali putaran motor BLDC dan pengendalian metode Pedal Assisted System (PAS). Pengendalian putaran motor BLDC dilakukan dengan inverter tiga fasa six step, sensor efek medan, kontroler dan baterai. Sedangkan untuk metode PAS membutuhkan sensor rotary encoder pada pedal. Pengendalian sisem dilakukan dengan membaca putaran pedal, membandingkan dengan setpoint dari kontroler dan memberikan referensi putaran pada motor. Putaran motor dikendalikan dengan mengatur dutycycle pada inverter. Berdasarkan hasil pengujian putaran motor, semakin besar tegangan AC dengan mengatur dutycycle pwm inverter maka putaran motor BLDC semakin cepat berbanding lurus. Namun putaran motor BLDC akan semakin turun dengan penambahan beban. Putaran maksimal motor dengan D = 100% pada beban sepeda sebesar 301 rpm. Dengan membandingkan mode PAS dan otomatis maka didapat kenaikan efisiensi sepeda sebesar 2,71% sampai 3,12% dari kapasitas baterai dalam waktu 10 menit. Namun kenaikan efisiensi tetap bergantung pada seberapa besar kayuhan pedal dari pengendara sepeda.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2015/550/051506050 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Elektro |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 09 Sep 2015 15:11 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 03:33 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143663 |
Preview |
Text
SKRIPSI_-_IRHAM_TANTOWI_HAMDI_-_115060300111060.pdf Download (10MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |