Pengaruh Diameter Venturi Karburator terhadap Unjuk Kerja Motor Bakar 6 Langkah Kapasitas 125cc

Noor, GilangRausanFikri (2015) Pengaruh Diameter Venturi Karburator terhadap Unjuk Kerja Motor Bakar 6 Langkah Kapasitas 125cc. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Berdasar penggunaanya secara luas pada kendaraan bermotor, industri hingga pembangkitan daya, motor pembakaran dalam adalah yang paling banyak digunakan. Saat ini hampir seluruh motor pembakaran dalam menggunakan siklus 4 langkah Otto. Alasan utama siklus 4 langkah Otto lebih diminati dari siklus 2 langkah Otto adalah kehematan bahan bakarnya. Oleh karena itu dapat dibuat deduksi bahwa motor bakar 6 langkah lebih hemat dari motor bakar 4 langkah Otto. Penelitian ini bertujuan mengawali pengembangan motor bakar enam langkah berbasis penambahan durasi difusi massa campuran udara-bahan bakar dan durasi difusi termal dari komponen dinding silinder ke campuran udara-bahan bakar. Dengan melakukan pengujian unjuk kerja dari motor bakar 6 langkah tersebut, juga dilakukan metoda pembesaran diameter venturi karburator seperti lazim digunakan pada motor bakar 4 langkah sebagai metoda peningkatan unjuk kerja. Diameter venturi yang dipilih adalah 18 mm dan 20 mm. Dengan interval 400 rpm putaran motor saat pengujian dan bukaan throttle dikondisikan konstan 30 %. Unjuk kerja dari motor bakar dinilai dari torsi poros engkol, daya, efisiensi termal efektif dan konsumsi bahan bakar spesifik efektif. Kemudian dibandingkan kinerja dari kedua venturi yang diuji juga kinerja motor bakar 6 langkah yang dikembangkan dengan 4 langkah konvensional. Hasil yang diperoleh pada penggunaan diameter venturi 20 mm diperoleh peningkatan nilai rataan dari torsi, daya, SFCe, efisiensi termal dan putaran motor berturut-turut sebesar 21 %, 21 %, 16 % dan 23 %. Pada perbandingan terhadap 4 langkah spesifikasi sama, motor bakar 6 langkah juga mengalami peningkatan dalam nilai rataan torsi, daya dan putaran motor masing-masing sebesar 15 %. Meskipun mengalami nilai yang lebih rendah dalam SFCe dan efisiensi termal. Mengacu pada torsi, daya dan putaran poros engkolnya motor bakar 6 langkah menunjukkan potensi besar untuk menjadi mesin masa depan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2015/526/051506026
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 08 Sep 2015 15:42
Last Modified: 21 Oct 2021 03:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143635
[thumbnail of SKRIPSI_(Gilang_Rausan_F-135060209111014).pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_(Gilang_Rausan_F-135060209111014).pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item