Sistem Monitoring Sudut Lintasan Payload Terhadap Titik Ground Control Station,

Kristanto, YokeDadik (2015) Sistem Monitoring Sudut Lintasan Payload Terhadap Titik Ground Control Station,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kompetisi Muatan Roket Indonesia tingkat perguruan tinggi (KOMURINDO) adalah sarana pendidikan dan untuk menarik minat sekaligus menyiapkan calon perekayasa handal dalam teknologi roket dan antariksa. Tema KOMURINDO 2014 adalah Long Range Attitude Monitoring of Balistic Rocket RUM Payload di mana kita harus memonitor sikap muatan roket di udara dengan kecepatan pengiriman data yang relatif tinggi, yaitu 57600 bps. Sistem yang terdapat dalam muatan roket memerlukan beberapa sensor untuk memonitor sikap. Pada penelitian ini akan dibahas mengenai monitoring sikap berupa sudut lintasan muatan roket berdasarkan posisi ground control station dengan menggunakan GPS receiver dan sensor ketinggian yang dihubungkan dalam modul mikrokontroller. Monitoring sudut lintasan tersebut akan ditampilkan dalam aplikasi perangkat lunak visual yang memuat sudut horisontal dan sudut vertikal untuk mengetahui posisi muatan roket di udara dan posisi jatuhnya muatan roket. Sistem ini menggunakan nilai garis lintang dan garis bujur dari GPS receiver Ublox NEO-6M untuk menghitung besar sudut horisontal, sedangkan sudut vertikal dihitung dari nilai garis lintang dan sensor ketinggian BMP-180 sesuai rumusan trigonometri. Garis lintang dan garis bujur digunakan untuk menentukan sudut lintasan horisontal berdasarkan rumus 〖tan^(-1) (〗⁡〖y/x)〗, dimana y adalah nilai garis lintang dan x adalah nilai garis bujur. Garis lintang dan nilai dari barometric pressure yang telah dikalkulasi menjadi ketinggian terhadap permukaan air laut digunakan untuk menentukan sudut lintasan vertikal berdasarkan rumus 〖tan^(-1) (〗⁡〖p/q)〗, dimana p adalah nilai ketinggian dan q adalah nilai garis lintang. Pengujian menunjukkan sistem monitoring dapat berfungsi dengan baik menampilkan nilai sudut lintasan horisontal dan sudut lintasan vertikal secara realtime. Sudut lintasan horisontal memiliki nilai rata-rata kesalahan sebesar 6.68% untuk jarak muatan roket dan GCS sebesar 5 m, nilai rata-rata kesalahan sebesar 1.90% untuk jarak muatan roket dan GCS sebesar 10 m, nilai rata-rata kesalahan sebesar 1.15% untuk jarak muatan roket dan GCS sebesar 20 m. Sudut lintasan vertikal memiliki nilai rata-rata kesalahan sebesar 7.11%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2015/469/051505969
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 07 Sep 2015 09:38
Last Modified: 23 Oct 2021 10:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143571
[thumbnail of Laporan_-_Yoke_Dadik_K_-_115060301111004.pdf]
Preview
Text
Laporan_-_Yoke_Dadik_K_-_115060301111004.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item