Sistem Pengendali Intensitas Cahaya Pada Tanaman Anggrek Menggunakan Kontroler PID Berbasis Arduino Mega 2560

JoharSM, Cornelius (2015) Sistem Pengendali Intensitas Cahaya Pada Tanaman Anggrek Menggunakan Kontroler PID Berbasis Arduino Mega 2560. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Anggrek merupakan tanaman yang membutuhkan cahaya matahari dengan intensitas tertentu. Kekurangan intensitas cahaya matahari akan menyebabkan proses asimilasi berkurang, sedangkan terlalu banyak intensitas cahaya akan menyebabkan fotodestruktif pada tanaman. Oleh karena itu para pengembang biak tanaman anggrek mengambil solusi memberikan naungan pada tanamannya. Namun naungan ini hanya berfungsi mengurangi intensitas cahaya yang masuk sehingga dalam cuaca mendung jumlah intensitas cahaya matahari yang diterima oleh tanaman anggrek akan berkurang pula. Maka dalam penelitian ini dilakukan penyempurnaan dengan memberikan sirip sebagai pengganti naungan pada pengembangbiakan tanaman anggrek. Sirip ini dapat terbuka atau tertutup sehingga intensitas cahaya di dalam tempat pengembangbiakan dapat dikontrol. Sensor LDR digunakan untuk membaca intensitas cahaya yang masuk dan sirip digerakkan oleh Continuous Rotation Servo Motor dengan kontrol PID. Setpoint intensitas cahaya yang digunakan adalah 65 lux. Sensor LDR diletakkan di dalam tempat pengembangbiakan dan akan membaca intensitas cahaya, dimana apabila intensitas cahaya kurang dari setpoint maka sirip akan bergerak terbuka dan apabila lebih dari setpoint maka sirip akan bergerak menutup. Dari hasil perancangan dan pengujian alat yang telah dilakukan, didapatkan parameter PID dengan metode hand tuning yang paling baik yaitu Kp=5,5 ;Ki=1,2 ;dan Kd=0 dengan settling time selama 414 ms dan error steady state sebesar 0,839876%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2015/281/051503549
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 22 Jun 2015 12:51
Last Modified: 22 Oct 2021 06:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143345
[thumbnail of komprehensif.pdf]
Preview
Text
komprehensif.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item