Perancangan Alat Perbaikan Faktor Daya Beban Rumah Tangga dengan Menggunakan Switching Kapasitor dan Induktor Otomatis

Hartono, TemmyNanda (2014) Perancangan Alat Perbaikan Faktor Daya Beban Rumah Tangga dengan Menggunakan Switching Kapasitor dan Induktor Otomatis. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perbaikan faktor daya sangat dibutuhkan dalam sistem kelistrikan rumah tangga. Faktor daya yang rendah Cosφ<0,85 lagging atau leading pada beban rumah tangga menyebabkan penggunaan daya (watt) menjadi kurang optimal dan pada saat peralatan listrik dihidupkan atau dimatikan dalam waktu tidak bersamaan, maka akan menyebabkan faktor daya yang berubah-ubah. Penelitian ini berisi perancangan dan pembuatan alat perbaikan faktor daya (APFD) beban listrik rumah tangga dengan menggunakan switching kapasitor dan induktor otomatis. Beban listrik yang digunakan pada penggujian adalah beban listrik dengan skala rumah tangga yaitu daya semu maksimal 2200 VA. Kombinasi beban resistif, induktif dan kapasitif digunakan sebagai representasi beban listrik rumah tangga untuk mendapatkan variasi nilai daya (watt) dan faktor daya. APFD dirancang dengan menggunakan rangkaian sensor arus dan tegangan sebagai pendeteksi sinyal sinusoida arus dan tegangan, kemudian rangkaian zero crossing, phase detector dan leading/lagging detector sebagai pendeteksi nilai dan sifat faktor daya sistem. Kompensator daya reaktif yang digunakan berupa komponen kapasitor dengan 14 variasi nilai kapasitansi dan komponen induktor dengan 4 variasi nilai induktansi yang terhubung paralel dengan sistem. Mikrokontroler AT Mega16 digunakan sebagai prosesor dalam mengontrol pengaktifan relay yang terletak pada rangkaian kapasitor dan induktor. Pada hasil pengujian didapatkan alat perbaikan faktor daya yang mampu membaca nilai faktor daya sistem dengan error ± 1,17% dan mampu memperbaiki faktor daya sistem secara otomatis dengan koreksi faktor daya tertinggi 1 dari faktor daya awal 0,47, dan koreksi faktor daya terkecil 0,93 dari faktor daya awal 0,81. APFD mampu mengkompensasi daya reaktif (VAR) dengan nilai kompensasi terbesar yaitu 100% dan nilai kompensasi terkecil yaitu 41,80% dari daya reaktif sebelumnya. APFD mampu mengkompensasi daya semu (VA) dengan nilai kompensasi terbesar yaitu 53,15% dan nilai kompensasi terkecil yaitu 6,18% dari daya semu sebelumnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2014/77/051401169
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 17 Feb 2014 14:16
Last Modified: 22 Oct 2021 01:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143110
[thumbnail of Laporan_Skripsi_-_APFD.pdf]
Preview
Text
Laporan_Skripsi_-_APFD.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item